Pemko Medan Gencarkan Vaksinasi Cegah Gelombang Ketiga Penyebaran Covid 19

gelombang ketiga Covid-19

topmetro.news – Capaian vaksinasi di Kota Medan telah mencapai angka 76,13 persen. Angka tersebut diharapkan dapat mencegah gelombang ketiga kasus terinfeksi Covid 19 di Kota Medan.

“Persiapan yang paling penting untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid 19 dengan melakukan pencegahan, diantaranya melalui vaksinasi dan protokol kesehatan,” ungkap Walikota Medan, Bobby Nasution kepada wartawan, Rabu (24/11/2021).

Dikatakan Bobby, capaian tersebut merupakan untuk vaksin dosis pertama dan 57,60 persen dosis kedua dari 1,9 juta warga Medan demi mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok.

“Protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuh Bobby.

Selain itu, Pemko Medan terus menggencarkan penerapan 3T, yakni testing (pengetesan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan) khusus kepada sembilan hingga 15 orang kontak erat dengan seorang pasien terkonfirmasi positif Covid 19.

“Pelacakan terhadap kontak erat dari seorang pasien terkonfirmasi Covid 19 terus kita perkuat. Ini dilakukan sebagai upaya antisipasi agar tidak terjadi lonjakan kasus,” timpalnya.

Dikatakannya, Pemko Medan melalui Satgas Penanganan Covid 19 terus melakukan patroli untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik.

Termasuk, penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 akibat kasus terkonfirmasi Covid 19 terus menunjukkan tren penurunan bakal meningkat lagi.

Diketahui, pemerintah pusat telah memprediksi terjadi lonjakan kasus Covid 19 setelah libur Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 2022.

Reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment