Pastikan Putusan Pengadilan Terlaksana, Hakim Pengawas Kunjungi Lapas Panyabungan

Hakim Pengawas Pengadilan Negeri Mandailing Natal (PN Madina) melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Panyabungan

topmetro.news – Hakim Pengawas Pengadilan Negeri Mandailing Natal (PN Madina) melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Panyabungan Kanwil Kemenkumham Sumut, Rabu (1/12/2021).

Kunjungan tersebut guna memastikan keputusan pengadilan terlaksana.

Hakim Pengawas PN Madina Catur Alfath Satriya SH usai melakukan kunjungan kepada topmetro.news menjelaskan, bahwa tujuan dari kunjungannya itu juga untuk memahami perilaku tahanan dan narapidana di dalam Lapas. Termasuk perlakuan petugas terhadap mereka.

“Kegiatan ini untuk mengetahui narapidana selama mereka menjalani masa pidananya. Terutama mengenai perilaku mereka masing-masing. Maupun perlakuan petugas kepada mereka,” pungkasnya.

Catur juga menambahkan, kunjungan ini merupakan wewenang hakim dalam memperoleh informasi terkait putusan pengadilan.

Dan ketentuan tersebut telah ada aturannya dalam Pasal 280 Ayat (1) KUHAP tentang Hakim Pengawas dan Pengamat. Yakni mengadakan pengawasan guna memperoleh kepastian bahwa putusan pengadilan terlaksana sebagaimana mestinya.

Kondisi Narapidana

Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Panyabungan Hamdi Hasibuan kepada topmetro.news mengungkapkan, kedatangan tim hakim pengawas ke Lapas ini untuk secara langsung memastikan kondisi para napi yang menjalani hukuman pasca-telah keputusan dalam pengadilan.

“Saat tatap muka, tahanan dan narapidana ditanyai, apakah pelaksanaan putusannya sudah sesuai dengan berkas yang dijalani oleh terpidana,” sebutnya.

Dan lanjutnya, kemudian kakim pengawas juga menanyakan kegiatan sehari-hari mereka. Kemudian juga bagaimana pembinaan di dalam Lapas.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment