Gubsu Erry Nuradi Apresiasi Bank Sumut, Pecahkan Rekor Laba Tertinggi

TOPMETRO.NEWS – Di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global tahun 2016, Bank Sumut masih mampu menunjukkan perbaikan kinerja dan pertumbuhan yang signifikan bila dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan laba bersih tahun 2016 tercetak Rp584,5 miliar. Laba ini pencapaian tertinggi setelah 52 tahun Bank Sumut berdiri.

“Kalau kita lihat dari laporan dan kinerja keuangan Bank Sumut hari ini memang sudah lebih baik jika dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Hal ini bisa dilihat dari beberapa indikator yang diantaranya ada total aset Bank Sumut yang mengalami kenaikan. Laba bersih bank Sumut yang memecahkan rekor, setelah 52 tahun berdiri baru ini mencapai Rp584,5 miliar,” ujar Gubsu, Tengku Erry Nuradi disela-sela Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Sumut tahun buku 2016 dan RUPS Luar Biasa di Ballroom kantor Bank Sumut, Sabtu (3/6).

Lebih lanjut dikatakan Erry, laba bersih Bank Sumut tahun 2014 dan tahun 2015 bahkan lebih rendah dari laba bersih tahun 2013. Di mana dikatakannya, laba bersih tahun 2013 mencapai Rp531 miliar, sementara laba bersih tahun 2014-2015 berkisar Rp465 miliar.

“Ini merupakan pertumbuhan yang baik, termasuk juga pencapaian-pencapaian lain serta rasio keuangan yang juga mengalami peningkatan,”jelas Erry.

Hal kedua yang perlu diperhatikan imbau Erry adalah angka kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) Bank Sumut yang tercatat pada triwulan I kecenderungannya meningkat yakni 5,65 persen, ini dikhawatirkan bisa melampaui ambang batas yakni 6 persen. “Kita harapkan NPL pada Desember 2016 lalu sebesar 4,7 persen ini dapat dipertahankan sehingga tidak berada melewati batas,” jelasnya.

Komisaris Utama PT Bank Sumut, Rizal Fahlevi Hasibuan mengatakan, peningkatan laba bersih di tahun 2016 disebabkan oleh pendapatan bunga dan pendapatan syariah yang meningkat sebesar 10,01 persen sebagai dampak dari penyaluran kredit dan pembiayaan syariah. (TM-11-editor3)

Related posts

Leave a Comment