80% Penghuni Sudah Tervaksin, Rutan Labuhan Deli Tetap Ingatkan Prokes

Labuhan Deli

topmetro.news – Untuk mendukung pemerintah dalam capaian vaksinasi guna meminimalisir penyebaran Covid-19, petugas Rutan Kelas I Labuhan Deli terus mengebut vaksinasi terhadap seluruh warga binaan pemasyarakatan yang mendekam di rutan tersebut.

Rutan sendiri terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik Pemko Medan, TNI AL, dan Polda Sumut guna mempercepat vaksinasi terhadap warga binaan.

Kepala Rutan Kelas I Labuhan Deli, Nimrot Sihotang, mengaku pasca merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia, pihaknya telah 5 kali menggelar kegiatan vaksinasi terhadap warga binaan.

“Sampai hari ini, kita sudah 5 kali menggelar vaksinasi, dan sudah terealisasi lebih dari 80% dari 1.664 warga binaan yang mendekam di Rutan Labuhan Deli,” ungkap Nimrot, kepada topmetro.news, melalui pesan Whatsapp-nya, Jumat (17/12).

Untuk kegiatan vaksinasi terakhir kali, kata Nimrot, pihaknya memanfaatkan momentum menyambut Hari Natal dengan menghadirkan sinterklas pada kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan bekerjasama dengan Polda Sumut dan Polres Pelabuhan Belawan.

“Vaksin yang digelar kemarin merupakan vaksin gelombang ke-5 terhadap warga binaan untuk mendapat vaksin dosis I. Dalam giat vaksin tersebut, kita sengaja menghadirkan Sinterklas dalam rangka menyambut Natal yang diperankan oleh warga binaan,” ungkap Nimrot.

Kehadiran Sinterklas, diharapkan dapat menambah sukacita bagi warga binaan, khususnya yang merayakan Hari Natal.

“Warga binaan terlihat antusias mengikuti giat vaksin. Apalagi dengan kehadiran sinterklas. Semakin kemari, mereka sudah menyadari pentingnya vaksinasi ini,” imbuh Nimrot.

Pada kegiatan tersebut, pihaknya bersama Polres Pelabuhan Belawan menargetkan vaksinasi terhadap 200 warga binaan.

“Kami berterimakasih atas dukungan dari TNI/Polri dan instansi terkait atas pelaksanaan vaksinasi dan berjalan lancar untuk membantu kekebalan tubuh bagi warga binaan,” imbuhnya.

Kendati jumlah warga binaan yang mendapat vaksin sudah mayoritas, pihaknya tetap mengingatkan dan mengimbau agar seluruh warga binaan tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Protokol kesehatan 5M harus tetap kita laksanakan. Jangan karena sudah mendapat vaksin, lalu kita mengabaikan prokes,” tegas mantan KPR Rutan Tanjung Gusta itu seraya berharap Covid-19 tidak menyebar di Rutan Labuhan Deli.

Terpisah, Kabag Sumda Polres Pelabuhan Belawan, Kompol Bernard Naibaho mengaku, vaksinasi yang mereka gelar tersebut merupakan bentuk sinergitas antara Polda Sumut yakni Polres Pelabuhan Belawan dengan Rutan Kelas I Labuhan Deli.

“Pelaksanaan vaksinasi itu masih berkaitan dengan instruksi Presiden untuk memaksimalkan vaksinasi, minimal capaian vaksin di kabupaten/kota harus tercapai 70 persen,” paparnya.

Reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment