H-1 Natal, Bupati dan Kapolres Taput Tinjau Pospam Nataru

H-1 Natal, Bupati dan Kapolres Taput Tinjau Pospam Nataru

Topmetro.news – Untuk memastikan kesiapan-siagaan para petugas pospam gabungan, terdiri dari tenaga kesehatan, TNI/Polri dan Dishub Taput di setiap pospam yang dibangun, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan bersama Kapolres AKBP Reynold Fredy Sipayung meninjau Pos Pengamanan (Pospam) Natal dan Tahun Baru (Nataru) di wilayah Taput, pada H-1 Natal, Jumat (24/12/2021).

Di setiap Pospam yang dikunjungi, Bupati bersama Kapolres memberikan arahan kepada seluruh petugas dan memeriksa ketersediaan aplikasi Peduli Lindungi, swab antigen hingga ketersediaan vaksin Covid-19.

Salah satu Pospam Nataru yang mendapat perhatian khusus adalah pospam di pertigaan Siborongborong-Tarutung-Doloksanggul dan Pospam di Bandara Silangit. Kedua pos ini, kata Bupati, sangat penting karena merupakan pospam perbatasan dan pintu masuk wilayah Taput. “Seluruh pos kita pantau, tetapi yang di Siborongborong dan Bandara Silangit mendapat perhatian khusus,” kata Bupati Taput didampingi Kapolres kepada wartawan  Jumat (24/12/2021) siang, saat meninjau pospam Nataru di simpang Bandara Silangit.

Baca Juga : Bupati Taput Hadiri Penanaman Bawang Merah Perdana Seluas 1 HA

Bupati juga menjelaskan, seluruh petugas tenaga kesehatan (nakes) bersama TNI/Polri, benar-benar siaga penuh. Termasuk nakes yang bertugas di Puskesmas dan RSUD Tarutung. “Seluruh petugas nakes kita standby dan bekerja sesuai SOP,” urainya.

Salah satu Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dimaksud adalah, terkait pengamanan dan pemeriksaan aplikasi Peduli Lindungi di setiap Pospam Nataru. Setiap kendaraan pemudik yang memasuki wilayah Taput, harus benar-benar diperiksa. Jika tidak, para pemudik wajib diswab di tempat. “Kalau hasilnya reaktif, langsung dikirim ke RSUD. Tetapi kalau non reaktif dan belum divaksin, kita sediakan vaksin di setiap pospam,” ungkap Bupati.

Peningkatan arus lalu lintas

Pantauanwartawan di kawasan Siborong-borong dan kota Tarutung, ada H-1 Natal Jumat (24/12/2021), terjadi peningkatkan arus lalu lintas dan sebaliknya. Peningkatan arus lalu lintas juga terpantau di jalan raya Siborongborong-Doloksanggul, menuju Kabupaten Humbahas. Untuk ruas jalan dalam kota dan persimpangan menuju beberapa kecamatan di Taput, juga terpantau ramai lancar. Terpantau sejumlah kendaraan ber plat luar daerah seperti dari Pulau Jawa dan Provinsi tetangga, mulai terlihat berseliweran.

Ditemui wartawan di pos pengamanan Pospam Nataru yang dibangun di pertigaan Siborongborong-Tarutung-Doloksanggul, Ipda Hamonangan Turnip, salah seorang petugas PAM Nataru mengatakan, sebanyak 8 orang personil Polri dibantu 3 orang TNI, 2 orang dari Satpol PP dan Dishub Taput, dikerahkan dalam pengamanan arus lalu lintas, khusus untuk wilayah Siborongborong.

Baca Juga : Bupati Taput Pimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Nataru

“Keseluruhan petugas gabungan PAM Nataru akan tetap bertugas setiap hari hingga 2 Januari 2022,” kata Turnip.

Soal peningkatan arus kendaraan dari luar daerah, Ia menyampaikan mulai terlihat sejak pagi hari. Termasuk plat B (Jakarta) dan dari daerah (provinsi) tetangga, seperti BG,BM,BH dan lainnya. “Terpantau hari ini Jumat (24/12/2021), arus lalin di Siborongborong aman terkendali. Kendaraan dari luar daerah mulai ramai. Termasuk plat Jakarta. Petugas kami sebar di berbagai titik untuk menghindari macet,” katanya.

 

Reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment