Pos Pam Ops Lilin Toba 2021 Depan BM Mulai Beroperasi

Pos Pam Ops Lilin Toba 2021 Depan BM Mulai Beroperasi

Topmetro.news – Pos PAM Ops Lilin Toba 2021, yang berlokasi di depan Binjai Mall (BM) mulai berfungsi sejak Jum’at pukul 00.00 tengah malam (24/12/2021).

Pos PAM Ops Lilin Toba 2021 ini difungsikan untuk mengatur dan mengamankan jalur lalulintas dari Medan menuju Kota Binjai.

Pos PAM Ops Lilin Toba ini dibangun ada di beberapa titik di wilayah hukum Polres Binjai. “Jadi, untuk mengantisipasi potensi kerawanan berlalulintas jelang liburan Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Polres Binjai telah mengaktifkan beberapa Pos PAM Ops Lilin Toba 2021,” ujar Kapolres Binjai AKBP Fetio Sano Ginting, SH, SIK, melalui Kasat Lantas, AKP Joko Lelono, SH.

Menurut Kasat Lantas Polres Binjai, Pos PAM Ops Lilin Toba 2021 ini merupakan Tim Gabungan dari Polres Langkat, TNI, Dishub Binjai, Dinas Kesehatan, BPBD Kota Binjai, serta instansi terkait lainnya.

Berbagai Fasilitas

“Pada pelaksanaannya nanti, Tim Gabungan di Pos PAM Ops Lilin Toba 2021 ini, selain melakukan pengamanan juga memberikan pelayanan kesehatan agar para pengendara lebih nyaman dan fokus menjaga keselamatan diri dan pengendara lain. Kita juga telah menyiapkan tempat vaksinasi serta pemeriksaan swab antigen, serta memeriksa protokoler kesehatan kepada para pengendara,” ujar AKP Joko Lelono, SH, kepada Topmetro.news, Jum’at (24/12/2021).

Dari pengamatan Topmetro, lalulintas jalan tampak sedikit tersendat namun lancar. Hal ini dikarenakan petugas menyetop kendaraan secara acak untuk meneriksa kelengkapan pengendara dan kelengkapan kendaraan.

“Kita juga memeriksa apakah pengendara sudah divaksin atau belum. Dan yang terpenting pengendara atau penumpang tetap wajib mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga : Ops Patuh Toba 2021, 31 Korban Meninggal Dunia

Tampak beberapa personel Sat Lantas Polres Binjai yang sudah standby di Pos Pengamanan. Dan jalan raya melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dari arah Kota Medan memasuki Kota Binjai.

Sebagaimana rencana pelaksanaan kegiatan saat simulasi, Tim Gabungan Ops Lilin Toba 2021 memberlakukan aturan yang diterapkan kepada pengendara, di mana, setiap kendaraaan yang melewati pos pengamanan wajib menunjukan sertifikat vaksinasi melalui barcode aplikasi Peduli Lindungi yang telah disediakan petugas. Apabila pengendara atau pengemudi sudah divaksin maka diperbolehkan melintas.

Cek Vaksinasi

“Bagi yang sudah vaksin, nanti ditanya kapan divaksin, vaksin yang ke berapa. Namun, jika nantinya pengendara atau pengemudi didapati belum divaksinasi. Oleh petugas akan dibawa ke tenda vaksinasi untuk diberikan suntik vaksin lalu diperbolehkan kembali melanjutkan perjalanan.

Tidak hanya itu, petugas di Pos Pengamanan juga melakukan pengecekan swab antigen secara acak terhadap penumpang mobil yang melintas. Jika ditemukan adanya salah satu penumpang yang hasil swab antigennya reaktif langsung dibawa dengan ambulans ke rumah sakit terdekat untuk menjalani swab pcr. Langkah ini dilakukan dalam mencegah penyebaran Covid-19 selama Nataru,” ujar Kasat Lantas AKP Joko Lelono.

Dijelaskan Joko Lelono, pada intinya Pos PAM Ops Lilin Toba 2021 ini, dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya taat berlalu lintas dan melaksanakan protokol kesehatan, berupa seruan menggunakan masker serta ajakan melakukan vaksin kepada pengendara jelang liburan Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022, di wilayah hukum Polres Binjai.

Baca Juga : Jalang Nataru, Polres Humbahas Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lalin Toba 2021

Namun, dalam pelaksanaan Operasi Pekat Toba 2021 ini, petugas tidak menghilangkan tupoksinya sebagai Polisi Lalulintas. “Penerapan tilang tetap akan diberlakukan bagi yang melanggar lalulilantas.

“Pokoknya kita terapkan semua aspek dan menjalankan skala prioritas. Kita tetap menghimbau masyarakat untuk melakukan disiplin berlalulintas. Kalau dulu jika ada pelanggar berlalulintas, langsung kita tilang. Sekarang gak begitu lagi. Kita tetap mengutamakan mengedukasi pengendara tentang apa-apa yang berpotensi menyebabkan kecelakaan berlalulintas. Dan penerapan prokes selama pandemi Covid-19,” sambung AKP Joko Lelono.

 

Reporter  | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment