Bersilaturahmi ke Besilam, Gubsu: Jemaah Haul Tuan Guru Besilam Selalu Taati Prokes

Bersilaturahmi ke Besilam, Gubsu: Jemaah Haul Tuan Guru Besilam Selalu Taati Prokes

Topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersilaturahmi ke Kampung Religi Besilam di Padang Tualang, Langkat, Jumat (24/12). Kunjungan ini dalam rangka menghadiri rangkaian peringatan Haul ke-98  Tuan Guru Besilam Syekh Abdul Wahab Rokan.

Puncak peringatan Haul ke-98  Tuan Guru Besilam jatuh pada Sabtu, 25 Desember 2021. Pada kesempatan itu, Gubernur mengimbau para jemaah Haul untuk selalu menaati Protokol Kesehatan (Prokes), terutama menggunakan masker. “Mohon maaf saya membatasi, tolong dimengerti, tolong masker dijadikan prioritas,” kata Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi mengakui melakukan pembatasan pada peringatan Haul Tuan Guru sebab saat ini kasih dalam kondisi pandemi. Edy meminta para jemaah agar tidak menyalahkan Tuan Guru Besilam lantaran dibatasi. Apabila tidak dibatasi, dikhawatirkan, kasus Covid-19 melonjak kembali.

Apalagi saat ini muncul varian baru Omicron yang penyebarannya lima kali lebih cepat dari varian varian sebelumnya. Oleh sebab itu, membatasi kegiatan yang menimbulkan kerumunan adalah tanggung jawabnya saat ini sebagai Gubernur atau pemimpin Sumut.

“Saya yang melarang tuan guru melaksanakan Haul, kalau ada yang menyalahkan tuan guru, salahkan saya, saya selaku umarah, yang nanti bertanggung jawab dunia akhirat, ” minta Edy.

Terapkan Prokes dan Vaksinasi

Selain itu, Edy juga mengingatkan jemaah untuk melakukan vaksinasi. Saat ini cakupan vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 70%. Juga mengharapkan seluruh jemaah menginformasikan betapa pentingnya vaksinasi saat ini.

“Tolong disosialisasikan ini, saya perlu menyampaikan ini, sampaikan kepada warga dan keluarga, kita tetap lakukan prokes dan vaksinasi, ” ucapnya.

Jika tidak menaati prokes dan melakukan vaksinasi, maka pandemi tidak akan pernah selesai. Kedua hal itu adalah kunci agar Indonesia khususnya Sumut keluar dari pandemi Covid-19. Sehingga masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa.

Selain itu, Edy menyampaikan sepanjang pandemi ada ulama yang meninggalkan dunia lantaran Covid-19. Edy tak mau lagi kehilangan guru atau ulama. “Semua ini terdampak, ekonomi, sosial, tenaga pikiran kita fokuskan saat ini menanggulangi Covid-19 ini,” kata Gubernur.

Baca Juga : Peringatan Hari Ibu, Gubsu: Ibu Motivasi Terbesarnya untuk Sukses

Tuan Guru Besilam Zikmal Fuad mengapresiasi kepedulian Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Terutama dalam perannya dalam menjadikan Desa Besilam sebagai Kampung Religi. “Mudah-mudahan Sumut, khususnya Besilam akan lebih maju lagi, ” katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyerahkan bantuan 1.000 paket sembako kepada warga Desa Besilam. Turut hadir dan mendampingi Gubernur pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, Wakil Bupati Langkat Syah Afandin, dan OPD Pemprov Sumut.

Penulis | Erris

Related posts

Leave a Comment