PDIP Akan Perjuangkan Perbaikan Jalan Rusak Tarutung-Sipahutar-Garoga

Kerusakan jalan provinsi di sejumlah titik di Taput telah menimbulkan dampak ekonomi dan psikologis bagi masyarakat setempat

topmetro.news – Kerusakan jalan provinsi pada sejumlah titik di Taput telah menimbulkan dampak ekonomi dan psikologis bagi masyarakat setempat.

Hal ini mendorong Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi, yang juga Ketua DPC PDIP Taput menyampaikan proposal permohonan perbaikan jalan tersebut dan Bendung Siborgung kepada Ketua DPD PDIP Sumut, agar masuk pengalokasian pada APBD Sumut.

Nikson Nababan menyampaikan hal itu pada Perayaan Natal PDI Perjuangan, Senin (27/12/2021).

Usai kebaktian Natal, kepada wartawan, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Drs Rapidin Simbolon bersama Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut Marulak Purba kepada pers menyatakan komitmen mereka memperjuangkan berbagai program pembangunan untuk Kabupaten Tapanuli Utara melalui APBD Provinsi Sumatera Utara.

“Permintaan Bupati Nikson Nababan ini akan menjadi bahan untuk kita perjuangkan di DPRD provinsi,” ujar Rapidin Simbolon menjawab pertanyaan wartawan.

Drs Nikson Nababan MSi menyampaikan laporan sebagai Ketua Panitia Perayaan Natal PDIP Sumut hari itu. Saat itulah sebagai Bupati Tapanuli Utara menyampaikan proposal penanggulangan/pembangunan sejumlah sarana. Juga prasarana transportasi dan irigasi dalam kewenangan Pemprovsu yang selama ini cenderung terbiarkan.

Universitas Negeri

Bupati juga menyuarakan urgensi berdirinya sebuah universitas negeri di Tapanuli Utara sebagai bagian dari Tapanuli Raya.

Sedangkan Rapidin menyebut, pendirian universitas negeri di Tapanuli Utara merupakan kerinduan dan aspirasi masyarakat. Sehingga harus didengarkan dan diperjuangkan PDIP sebagai partai pemenang pemilu. Perjuangan itu mulai dari daerah sampai ke pusat, termasuk alternatif transformasi IAKN.

Komitmen Fraksi PDIP

Terkait kerusakan Jalan Tarutung-Sipahutar-Garoga dan Bendungan Siborgung Parbubu yang jebol sudah tahunan cenderung terlantar oleh Pemprovsu, Rapidin menegaskan hal itu akan menjadi agenda Fraksi PDIP tahun 2022.

Kemudian soal usulan masyarakat Kecamatan Tarutung kepada anggota DPRD Sumut agar Bendungan Siborgung yang jebol tiga tahun lalu dapat perbaikan, Ketua FPDIP DPRD Sumut Marulak Purba mengakui, kunjungan komisi D ke Bendungan Siborgung sudah pernah jadi pembahasan di DPRD Sumut.

Tanpa menyebut pengalokasian dana pada APBD Sumut TA 2022, Marulak berjanji, masalah jalan dan Bendungan Siborgung akan menjadi agenda FPDI Perjuangan pada tahun 2022. “Kalau di APBD murni tidak ada. Kita pastikan di Perubahan APBD Tahun 2022 kedua poin itu akan tertampung,” sebut Marulak Purba.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment