Kemensos Salurkan Bantuan Program Kearifan Lokal ke Karo

Kemensos (Kementerian Sosial) melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) menyalurkan bantuan Program Kearifan Lokal sebesar Rp50 juta ke Kabupaten Karo

topmetro.news – Kemensos (Kementerian Sosial) melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) salurkan bantuan Program Kearifan Lokal sebesar Rp50 juta ke Kabupaten Karo.

Bantuan Kearifan Lokal ini disalurkan ke Sanggar Seni Nggara Simbelin di Desa Budaya Lingga dan diterima Pusen Sinulingga yang akrab dipanggil Simpei Sinulingga di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Karo di Kabanjahe, Rabu (29/12/2021).

Kadis Sosial Kabupaten Karo, Benyamin Sukatendel mengatakan bantuan kearifan lokal untuk mencegah radikalisme dan meningkatkan ketahanan masyarakat dengan merawat kearifan lokal.

Hal ini, katanya, sesuai dengan amanat UU Nomor 07 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial dan Kemensos hadir untuk menjaga dan merawat harmonisasi kebangsaan.

“Kiranya bantuan ini dapat meminimalisir serta mencegah konflik sosial sehingga menciptakan harmonisasi kebangsaan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, mekanisme pengajuan bantuan dilakukan oleh Pemerintah Desa kepada Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Setelah itu melalui rekomendasi Pemerintah Provinsi kemudian dapat diusulkan ke Kementerian Sosial.

Pusen Sinulingga selaku pendiri dan Ketua Sanggar Seni Nggara Simbelin di Desa Budaya Lingga mengatakan pihaknya akan memanfaatkan bantuan kearifan lokal ini sebagaimana peruntukannya.

Dijelaskan, sanggar seni ini didirikan tahun 2014 dan berbadan hukum. Adapun sasaran yang dicapai agar generasi muda tidak terjerumus penyakit sosial. Sanggar ini juga telah mengikuti berbagai event dan festival tingkat provinsi dan Nasional,” ungkapnya.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment