Disdik Batubara Beri Penilaian Terhadap Uji Kompetensi Bagi Tenaga Pendukung Dinas di Lingkungan Kerjanya

Dinas Pendidikan Batubara melakukan penilaian melalui assesmen terhadap Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Dinas Pendidikan, Jumat (31/12/2021)

topmetro.news – Dinas Pendidikan Batubara melakukan penilaian melalui assesmen terhadap Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Dinas Pendidikan, Jumat (31/12/2021).

Hal itu untuk menindaklanjuti arahan Bupati Batubara Ir H Zahir MAP untuk memastikan keberadaan TPD (Tenaga Pendukung Dinas) dapat memberikan dukungan dan kontribusi bersama terhadap kepentingan OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Yaitu dalam mewujudkan visi misi menjadikan masyarakat Batubara, masyarakat industri yang sejahtera, mandiri dan berbudaya.

Kegiatan dengan nama ‘uji kompetensi’ itu berlangsung di Aula Kantor Bupati Batubara Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Limapuluh, Kecamatan Limapuluh.

Melalui Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus MPd, bupati menyampaikan, hasil dari kegiatan ini nantinya mampu memberikan suatu harapan. Atau paling tidak dapat mempertunjukkan hasil yang berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan dalam kinerja TPD. Tentunya berkaitan dengan tupoksi dalam mendukung terwujudnya visi misi bupati.

Lebih lanjut urai Ilyas, selain merefleksi tupoksi ASN selama tahun 2021, kegiatan juga sebagai bahan evaluasi yang selanjutnya sebagai dasar dalam memberikan dorongan dan dukungan serta peningkatan kompetensi bagi para TPD ke depannya.

“Kami berharap dari semua TPD yang berjumlah 75 orang yang mengikuti uji kompetensi ini semua bisa tetap bersama kita di lingkungan Dinas Pendidikan. Namun jika hasilnya nanti kurang menggembirakan, apa boleh buat dengan berat hati kita tidak lanjutkan untuk tahun 2022,” tegas Ilyas.

Selanjutnya Ilyas juga berharap kepada TPD, kerjakan saja baik-baik ujiannya. “Beri keyakinan nanti kepada tim yang melakukan wawancara bahwa Anda mampu. Dan akan terus memperbaiki kinerja dan kekurangan selama ini. Itu lebih baik ketimbang melakukan hal-hal lain,” katanya.

Tahapan Uji Kompetensi

Uji kompetensi berlangsung dalam beberapa tahapan. Mulai dengan ujian esai secara manual tentang komitmen dan loyalitas peserta dalam menunjang kinerja pada Dinas Pendidikan Batubara pada tahun 2022.

Kemudian lanjut dengan ujian secara online multiple choice. Ini berkaitan dengan pengetahuan teknis, sosial dan kearifan lokal. Serta wawancara oleh tim yang dibentuk Disdik selaku penerima manfaat termasuk loyalitas TPD selama tahun 2021 yang nantinya dapat dilihat dari kehadiran serta kemampuan dalam berkolaborasi.

Bersama Kadisdik Ilyas Sitorus di lokasi ujian tampak juga Sekdis Darwinson Tumanggor, Kabiddikdas Basrah, Kabid PNFI serta pejabat Dinas Pendidikan lainnya.

reporter | Bima IS Pasaribu SH

Related posts

Leave a Comment