Menolak Kepdesnya Diganti, Ratusan Warga Simangambat TB Datangi Dinas PMD dan DPRD Madina

Ratusan Warga Simangambat TB Datangi Dinas PMD dan DPRD Madina

topmetro.news – Ratusan warga Desa Simangambat Tb Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mendatangi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan DPRD Madina, Kamis (6/1/2022).

Kedatangan ratusan warga Desa Simangambat Tb ini adalah untuk menyampaikan aspirasi penolakan pergantian plt kepdes mereka, Muslih Lubis. Selain itu, mereka ingin meminta agar, kepdes mereka apabila ingin ganti sewaktu ada pemilihan kepdes serentak saja.

Permintaan ini bukan tak beralasan. Sebab, selama ini masyarakat Desa Tambangan Tb belum pernah merasakan apa itu arti yang namanya pembangunan selama kepdes lama, yakni Asrin Nasution. Apalagi kepdes lama itu sekarang telah berstatus DPO dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa (DD).

Demikian penjelasan LPM Desa Tambangan Tb Isroil Lubis kepada topmetro.news. Turut mendampinginya, tokoh adat, Adil Lubis, BPD, sekdes, dan ratusan warga Simangambat Tb.

Lebih lanjut Isroil menyampaikan, untuk mempertahankan plt kepdes, Muslih Lubis, sudah menjadi harga mati. “Karena, selama beliau menjabat sebagai plt kepdes di desa kami, itulah kami baru merasakan apa artinya sebuah pembangunan,” katanya.

“Selama ini tidak ada pembangunan di desa kami. Kami sudah terzolimi. Desa kami ini jauh tertinggal dengan desa-desa lainnya. Kami mohon permintaan ini dikabulkan untuk menghindari konflik di desa kami sampai pemilihan kepala desa serentak,” tegasnya.

Plt Kadis PMD Madina Parlin Lubis menjawab aspirasi warga Desa Simangambat Tb menyatakan, adanya wacana pergantian kepdes ini merupakan tuntutan organisasi. Yakni, adanya tiga jabatan yang diemban oleh Plt Kepdes Muslih Lubis.

“Kita khawatir. Karena banyaknya jabatan yang diemban oleh Muslih Lubis, Beliau menjadi tidak fokus dalam menjalani seluruh jabatan yang diembannya. Dan hal ini bukan keinginan dari Pak Bupati dan Bu Wakil Bupati untuk menggantinya,” jelasnya.

DPRD Madina

Usai bertemu dengan Kadis PMD Madina, ratusan warga Desa Simangambat Tb langsung mengarah ke DPRD Madina. Di sana mereka juga menyampaikan aspirasi serupa.

Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis SH, Wakil Ketua DPRD Erwin Efendi Nasution, dan anggota DPRD dari PKS Budiman Borotan terlihat menyambut.

Menjawab warga, Erwin Efendi Lubis menyampaikan, aspirasi itu akan segera mereka rapatkan dengan komisi terkait. Serta melibatkan pihak eksekutif dalam hal ini Bupati Madina, Wakil Bupati Madina, dan Dinas PMD Madina.

“Saya berharap, terkait masalah ini semua warga harus menahan diri. Agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, sehingga mengganggu kamtibmas di Desa Simangambat Tb,” ungkapnya.

Politisi Partai Gerindra ini juga mengutarakan, permasalahan ini akan secepatnya mereka selesaikan. “Maka dari itu, kita meminta supaya saudara-saudara saya untuk bersabar. Dan kita akan memperjuangkan aspirasi ini selama tidak menyalahi aturan dan kearifan lokal,” tegasnya.

Informasi yang dihimpun topmetro.news, Desa Simangambat Tb memiliki 184 KK. Mereka sepenuhnya mendukung Muslih Lubis sebagai kepala desa. Dan saat ini Muslih telah menjabat kurang lebih dua tahun di desa itu.

Bukan hanya pembangunan berjalan baik sebagaimana pengakuan warga. Rasa kekeluargaan dan kebersamaan masyarakat pun terjalin dengan baik.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment