Tahun 2022, Sebanyak 62 Desa Akan Ikuti Pilkades Serentak di Madina

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada tahun 2022

topmetro.news – Sebanyak 62 dari 377 desa yang ada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada tahun 2022.

Dan ke-62 desa yang akan mengikuti Pilkades Serentak tersebut merupakan desa-desa yang diisi oleh para pejabat yang ditunjuk bupati. Yakni, bukan kepala desa definitif.

Demikian penjelasan Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Madina Parlin Lubis (foto), kepada topmetro.news, Selasa (18/1/2022).

“Berdasarkan data yang ada di Dinas PMD Madina, ada 62 desa yang akan mengikuti Pilkades Serentak. Dan rencananya akan terlaksana pada triwulan ketiga tahun 2022 ini,” terangnya.

Masih Parlin, terkait biaya dalam pelaksanaan Pilkades Serentak itu, anggaran telah ada dalam APBD Kabupaten Madina Tahun 2022. Dan saat ini sedang dalam rangka penyusunan regulasi peraturan bupati.

“Untuk teknisnya baru diusulkan ke Kementerian untuk dikonsultasikan. Apabila nanti telah final, baru kita tentukan waktu pelaksanaannya. Namun sebelum itu harus kita koordinasikan dulu dengan Kemendagri dan Aparat Penegak Hukum (APH). Agar jangan sampai agenda nasional ini rusak,” pungkasnya.

Dan tambahnya, untuk ke 62 desa yang akan ikuti dalam Pilkades Serentak Tahun 2022 ini, kebanyakan dari Kecamatan Kotanopan, Batang Natal, Linggabayu, dan Hutabargot.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment