Siswa SMAN 3 Panyabungan Isi Kegiatan Ekskul dengan Belajar Ngelas

Siswa SMAN 3 Panyabungan Isi Kegiatan Ekskul dengan Belajar Ngelas
Advertisement

topmetro.news – Siswa kelas I dan II Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Panyabungan yang beralamat di Komplek Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina), isi pelajaran prakarya dengan belajar mengelas.

Kegiatan mengelas yang masuk dalam kategori bidang pelajaran prakarya, berlangsung pada saat siswa telah pulang sekolah (ekskul). Di mana, pada pagi harinya, para siswa sebelumnya telah mengikuti pelajaran materi di sekolah.

Amril Lubis, salah satu anggota Komite SMA N 3 Panyabungan yang merupakan mentor dalam pelatihan mengelas bagi siswa ini kepada topmetro.news menjelaskan, tujuan pelatihan para siswa kelas I dan II ini agar mereka memiliki keahlian (skill). Termasuk, apabila nantinya ada yang tidak melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, si siswa telah memiliki skill untuk mandiri.

“Saya sangat mendukung apa yang diputuskan oleh Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 3 Panyabungan, Dra Hj Lesna Tarida MM dalam mengisi pelajaran prakarya ke dalam ekskul pelatihan ini,” sebutnya.

Lanjutnya, ketepatan ia sedikit memiliki penegetahuan tentang tata cara pengelasan. “Nah, dengan sedikit pengetahuan mengelas inilah, saya secara sukarela mengajari para siswa yang mau mengikuti pelatihan ini,” katanya.

“Alhamdulillah. Baru empat kali dalam pertemuan ekskul pelatihan mengelas ini, di mana pelaksanaannya dalam dua kali seminggu. Para siswa terlihat sangat cepat mengerti dan menangkap apa yang saya ajari,” ujarnya.

Hal itu, imbuhnya, terbukti ketika dalam pelatihan kedua, ketiga, dan keempat. Di mana para siswa sudah dapat menekuk besi serta mengelas besi dengan baik, sehingga menjadi sebuah pagar.

“Dalam ekskul pelatihan mengelas ini, tidak ada harus diwajibkan kepada siswa. Bagi yang mau ikut pelatihan silahkan. Bagi yang tidak mau juga silahkan. Tidak ada paksaan,” tandasnya.

Dan perlu diketahui tambahnya, siswa yang nantinya telah dapat mengelas dengan baik, maka berikutnya, merekalah yang akan mengajari siswa-siswa lainnya.

Apresiasi dari Kepsek

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Panyabungan Dra Hj Lesna Tarida MM kepada topmetro.news mengucapkan terima kasih kepada orangtua siswa. “Khususnya salah seorang anggota Komite Pak Amril Lubis. Karena dengan tulus mau membagikan pengetahuannya untuk menambah keahlian para siswa di bidang pelajaran prakarya,” katanya.

“Semoga saja dengan adanya pelatihan ini, nantinya siswa kita bisa mandiri di lingkungannya, dengan skill yang mereka dapat dalam ekskul ini,” harapnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Advertisement

Related posts

Leave a Comment