Ketua Dekranasda Taput Motivasi Warga Desa Wisata Ulos Papande, Jaga Kebersihan dan Semakin Kreatif

Ketua Dekranasda Taput Satika Simamora SE MM mengajak warga Desa Papande Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara, untuk menjaga kebersihan

topmetro.news – Ketua Dekranasda Taput Satika Simamora SE MM mengajak warga Desa Papande Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara, untuk menjaga kebersihan serta meningkatkan kreatifitas menata pemukiman dan sisi sepanjang jalan dari pelabuhan sampai Desa Wisata Ulos Papande.

Satika Simamora menyampaikan motivasi itu saat pemberian bantuan benang ulos kepada 90 penenun di sanggar ulos milik Erison Siregar di Desa Wisata Ulos Papande Pulo Sibandang Kecamatan Muara, Selasa (25/1/2022).

“Tadi sepanjang jalan dari mulai Pelabuhan Papande sampai ke sini, sisi jalan rabat beton sudah tumbuh ilalang. Jadi kurang menarik untuk dilihat, padahal sunset sangat indah dipandang dari Papande ini. Kenapa ibu katakan ini? Kita harus sadar bahwa Kampung Papande ini sudah jadi kampung wisata ulos. Maka itu harus bersama kita jaga kebersihannya dengan penataan yang baik dan menarik. Maka pengunjung kita harapkan akan banyak pengunjung ke desa ini. Kita harus lebih kreatif,” kata Satika dalam sambutanya di hadapan petenun.

Harapan Ketua Dekranasda

“Kita harapkan warga kerjasama yang baik dengan pemkab, menjadikan Desa Wisata Ulos Papande lebih menarik. Kepala desa juga harus buat peraturan desa terkait kebersihan dan gotong royong. Ini harus terus kita galakkan,” tegas Satika.

Ia berharap, apa yang dilakukan ini menjadi inspirasi dan budaya yang akan diikuti oleh seluruh masyarakat Papande. Kegiatan itu, katanya, tidak harus hanya berlaku sekali saja. Tapi harus menjadi perilaku keseharian masyarakat, agar tetap terjaga selalu kebersihannya.

“Harapan ibu kepada seluruh masyarakat Muara dan khususnya Papande ini agar selalu membuang sampah pada tempat. Jangan di sembarang tempat, apalagi di sini tempat wisata. Lahan lahan kosong agar ditanami berbagai pohon berbuah,” paparnya.

Kepada 90 pengrajin, ia berharap bantuan benang itu bisa meningkatkan kreatifitas dan produksi ulos untuk mendukung wisata Kampung Ulos Papande. Juga dapat meningkatkan kesejahteraan warga Desa Papande.

“Selalu lakukan hal-hal yang baik dan positif. Agar apa yang kita kerjakan menjadi berkat buat kita,” pungkas Satika.

Sebelumnya, Kadis Koperasi dan UKM Taput Herli Sinaga menjelaskan, pemberian bantuan benang itu tertampung pada APBD TA 2021.

Sementara Camat Muara Mitsu Gultom dalam kesempatan itu mengharapkan pemerintah membantu seluruh pengerajin tenun ulos di Kecamatan Muara. Serta menggelar pelatihan pelatihan bagi petenun maupun pelaku usaha UMKM.

Jestri Ompusunggu, salah seorang penerima bantuan benang, mengapresiasi perhatian Satika Simamora kepada pengrajin ulos. “Kurang lebih setahun ini kami para penenun ulos Desa Papande tidak menerima bantuan. Tetapi berkat Tuhan, melalui Ketua Dekranasda Ibu Satika Simamora dan juga kepala desa yang baru, kami mendapatkan bantuan benang ini. Izinkan kami atas nama pengerajin ulos Desa Papande mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati dan juga Ibu Satika Simamora,” ujarnya.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment