Presiden Jokowi Resmikan Revitalisasi Huta Siallagan dan Kampung Ulos Hutaraja

Presiden Jokowi Resmikan Revitalisasi Huta Siallagan dan Kampung Ulos Hutaraja

topmetro.news – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau yang lebih akrab dipanggil Jokowi melakukan kunjungan kerja (Kunker) Kabupaten Samosir, Rabu (2/2) sore.

Jokowi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno , Anggota DPR RI Jonni Allen Marbun dan Gubernur Sumatera Utara Edfy Rahmayadi disambut Bupati Samosir Vandiko T Gultom didampingi Wakil Martua Sitanggang dan Tokoh masyarakat, di Dermaga Ambarita, Kecamatan Simanindo sekitar pukul 15. 30 WIB.

Presiden Jokowi pun melanjutkan perjalanan menuju revitalisasi pembangunan Huta Siallagan untuk meresmikan hasil bangunan revitalisasi Huta Siallagan di kawasan Samosir.

Setelah meresmikan penataan ataupun revitalisasi Huta Siallagan, Jokowi pun bergerak menuju Kampung Ulos Hutaraja Desa Lumban Suhisuhi Toruan Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir dan tiba sekitar pukul 17.50 WIB.

Dilokasi ini Presiden Jokowi disambut oleh Tokoh Masyarakat dan meminta Presiden Jokowi mengenakan Ulos tenunan warga Huta Raja. Disamping disambut dengan Tortor Batak, ribuan masyarakat yang sudah menunggu beberapa jam menggema memanggil nama Presiden Jokowi.

Tampak Jokowi mengelilingi kawasan perkampungan Hutaraja dan berbincang dengan warga yang keseharian bekerja sebagai pengerajin kain ulos (Kain Khas Batak).

Selanjutnya Presiden Jokowi pun meresmikan penataan Kampung Ulos, dan memuji bahwa pembangunan kampung Ulos sangat baik dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

“Hari ini saya melihat penataan Kampung Ulos Hura Raja. Yang ini kita harapkan dengan revitalisasi konservasi budaya utamanya kain ulos bisa kita lakukan” ujar Presiden Jokowi mengawali sambutannya.

Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat, Pemerintah Daerah yang memberi dukungan terhadap revitalisasi yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

“Revitalisasi ini baik sekali. Terakhir saya kesini dua setengah tahun yang lalu. Semoga dengan revitalisasi konservasi terhadap warisan pusaka yang kita miliki di Kampung Ulos betul betul bisa kita kerjakan” harap Presiden Joko Widodo.

Kesederhanaan Presiden

Terlihat kesederhanaan Presiden Jokowi yang menyambut hangat warga masyarat yang memanggil Preiden dan meminta foto bersama.

Selanjutnya rombongan Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke Tuktuk Siadong untuk beristirahat dan besok hari direncanakan akan melanjutkan kunjugan ke Kabupaten Humbang Hasundutan.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment