Kapolda Sumut Dampingi Presiden RI Berkunjung ke Lokasi Penanaman Pohon (UPSA) di Desa Simangulampe Baktiraja Humbahas

Kapolda Sumut Dampingi Presiden RI Berkunjung ke Lokasi Penanaman Pohon (UPSA) di Desa Simangulampe Baktiraja Humbahas

topmetro.news – Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra S MSi mendampingi Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo melakukan penanaman Pohon Macademia bersama masyarakat di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kamis (3/2/2022). Selain untuk pelestarian lingkungan, macademia juga bernilai ekonomi tinggi.

Presiden RI Ir H Joko Widodo menanam pohon di tebing dengan kecuraman 45 derajat di tepian Danau Toba. Pohon yang ditanam tersebut jenis Makademia. Yakni, tanaman ekonomis jenis kacang-kacangan dengan nilai ekonomis tinggi.

Penanaman pohon di kawasan Danau Toba sudah dimulai sejak tahun 2017 hingga 2022 dengan target tanam mencapai 10 juta pohon. Pohon yang ditanam seperti Makademia, Pinus, Durian.

Penanaman pohon merupakan program penanganan rehabilitasi hutan dan lahan daerah tangkapan air Danau Toba.

Presiden Joko Widodo juga meminta agar masyarakat segera memanfaatkan lahan produktif yang telah diberikan pemerintah melalui penyerahan Surat Keputusan (SK) Hutan Sosial dan SK Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

“Ini saya titip betul agar lahan yang sudah diberikan SK itu betul-betul dipakai buat kegiatan produktif. Segera tanami 50 persen dengan pohon berkayu, sisanya lagi tanami yang bermusim, silahkan. Jangan dipindahtangankan ke orang lain,” kata Presiden dalam penyerahan SK Hutan Sosial, SK TORA, SK Hutan Adat dan SK Indikatif Hutan Adat di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon tersebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin.

Selanjutnya Presiden RI beserta rombongan melanjutkan Kujunjungan ke Kabupaten Dairi dengan menggunakan Helikopter.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment