Konsumsi Kokain Campur Zat Beracun, 20 Warga Argentina Tewas

Konsumsi Kokain Campur Zat Beracun, 20 Warga Argentina Tewas

topmetro.news Sebanyak 20 orang tewas dan 74 yang lainnya dirawat di rumah sakit pinggiran Kota Buenos Aires, Argentina, usai mengonsumsi kokain yang dicampur zat beracun, diduga opioid.

Juru bicara pemerintah Provinsi Buenos Aires menyatakan, jumlah korban tewas mulanya 12 orang, sementara 50 orang lainnya dirawat di rumah sakit. Namun, angka itu terus bertambah.

Para korban saat ini ditangani di delapan rumah sakit yang berbeda. Setidaknya empat dari total korban sementara adalah laki-laki berusia 32-45 tahun.

Laporan sebelumnya menyatakan, para korban mengalami kejang-kejang dan serangan jantung mendadak usai mengonsumsi kokain.

Salah satu orang tua korban selamat, Beatriz Mercado, menceritakan pengalamannya saat pertama kali mengetahui kondisi anaknya. Saat itu, ia mengaku menemukan sang anak terbaring tengkurap di lantai dapur.

“Dia hampir tidak bernapas. Matanya berputar ke belakang,” kata Mercado.

Ia lantas segera melarikan anak laki-lakinya itu ke rumah sakit.

“Saya berharap pada Tuhan, tak ada yang lain. Sebuah keajaiban,” ujar Mercado.

Menurut pernyataan Kepala Keamanan Provinsi Buenos Aires, Sergio Bernie, pedagang yang menjual kokain sudah mencampur komoditas dagangannya dengan zat lain.

“Setiap pedagang yang membeli kokain mencampurnya. Beberapa mencampurnya dengan zat tidak beracun seperti (tepung) pati. Yang lain memasukkan halusinogen ke dalamnya, dan jika tidak ada bentuk pengawasan, hal semacam ini terjadi,” ucap dia.

Menanggapi insiden keracunan serius itu, pihak berwenang langsung berupaya menemukan zat beracun tersebut menariknya dari peredaran.

“Ada bahan utama yang menyerang sistem saraf pusat,” kata Berni.

 

Sumber: CNN

Related posts

Leave a Comment