Sandiaga Uno Ungkap Peran Pers Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

peran insan pers sangat besar dalam membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif dari keterpurukan selama masa Pandemi Covid-19

topmetro.news – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, peran insan pers sangat besar dalam membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif dari keterpurukan selama masa Pandemi Covid-19.

Hal ini dinyatakannya sebagai ‘keynote speaker’ melalui ‘zoom meeting’ dalam Seminar Pariwisata Bangkit, pada rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, Senin (7/2/2022), di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Sandiaga menyebut, sektor pariwisata ekonomi kreatif menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya. “Untuk membangkitkan sektor pariwisata di seluruh daerah di tanah air ini, kita semua harus mengedepankan kualitas,” ujarnya.

Menurut Sandiaga Uno, semangat HPN 2022 memberi manfaat dan wawasan yang luas dalam upaya membangkitkan kepariwisataan dan ekonomi kreatif di daerah masing-masing melalui peran pers.

“HPN ini momen sangat bagus melibatkan insan pers dalam perannya agar sektor pariwisata kita bisa bangkit. Pariwisata kita harus bangkit dari keterpurukan dengan regulasi yang ada sesuai kebijakan yang ditetapkan pemerintah. Dalam hal ini peran tokoh masyarakat dan wartawan sangat kita butuhkan untuk memulai membangkitkan sektor pariwisata di daerahnya,” ujarnya.

Seminar Pariwisata Bangkit yang dipandu Bidang Pariwisata PWI Pusat ini menghadirkan beberapa pembicara dan pelaku wisata. Seperti Prof Sapta Nirwanda membahas Tourism Ekosistem 2022 dan Beyond. Ketua PHRI/GIPI Sultra Ir Hugua yang memperkenalkan wisata Wakatobi Beyond, ‘surga’ nyata. Serta narasumber lainnya.

Sapta Nirwanda mengatakan, sektor pariwisata dua tahun terakhir mengalami tekanan sangat dahsyat daripada tahun sebelum Covid-19. “Kita tahu, wabah Covid ini luar biasa pengaruhnya. Tapi kita harus bertekad bagaimana kita bisa bangkit kembali,” katanya.

Ia menyebutkan, dari 10 program pemerintah di antaranya pariwisata paling mudah berkembang dan juga rentan dari problem termasuk Covid-19 yang melanda dunia termasuk negara maju. Namun Indonesia penempatkan pariwisata sebagai prioritas pembangunan tahun 2019-2024, setelah sektor partanian.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment