80 Orang Tewas Akibat Topan Batsirai di Madagaskar

80 Orang Tewas Akibat Topan Batsirai di Madagaskar

topmetro.news – Korban tewas akibat Topan Batsirai di Madagaskar sebanyak 80. Demikian diumumkan badan bantuan bencana negara setelah terkumpul informasi dari daerah yang terkena dampak parah, Rabu, 9 Februari 2022.

Topan itu menghantam pulau besar di Samudera Hindia pada Sabtu malam, merobohkan rumah-rumah dan saluran listrik saat menghantam pantai tenggara Minggu malam, menyebabkan 91.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Badan bantuan bencana mengatakan bahwa 60 kematian terjadi di satu daerah, distrik Ikongo di tenggara Madagaskar. Badan masih mengumpulkan rincian tentang apa yang terjadi di Ikongo.

Seorang anggota parlemen yang mewakili distrik itu sebelumnya mengatakan jumlah korban tewas tinggi di sana. Dan sebagian besar korban tenggelam atau tertimpa reruntuhan ketika rumah mereka runtuh.

Batsirai merupakan badai destruktif kedua di Madagaskar dalam dua minggu. Setelah Topan Ana menewaskan 55 orang dan membuat 130.000 orang mengungsi di daerah lain di negara itu, lebih jauh ke utara.

Negara kepulauan berpenduduk hampir 30 juta  ini, sudah berjuang dengan kekurangan pangan di selatan, akibat kekeringan parah dan berkepanjangan.

Program Pangan Dunia FAO mengatakan Batsirai telah memperburuk situasi. Dengan menghancurkan tanaman padi, buah-buahan dan sayuran yang hanya dua minggu lagi panen.

Topan Batsirai tersebut menyebabkan banjir meluas dan membuat 12 jalan dan 14 jembatan tidak dapat dilalui, memutus beberapa daerah yang terkena dampak terburuk dan menghambat upaya untuk memberikan bantuan kepada korban.

 

Sumber: tempo

Related posts

Leave a Comment