Asisten I Pemkab Asahan Buka Bimtek Penyusunan Produk Hukum

bimbingan teknis penyusunan produk hukum

topmetro.news – Asisten I Buwono Prawana SIP MSi mewakili Bupati Asahan membuka Bimtek (bimbingan teknis) penyusunan produk hukum daerah bagi pejabat fungsional dan pejabat pelaksana di Hotel Marina, Kisaran, Selasa (15/2/2022).

Sebagai narasumber adalah Komis Simanjuntak MH. Kemudian, Kasubbag Produk Hukum Daerah Wilayah II Biro Hukum Setdaprovsu Yunan Tanjung MH. Kasubbid Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah Kanwil Kemenkumham Sumut Dr Eka Sihombing.

Kabag Hukum Agus Pranoto SH menyampaikan, bimtek bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman aparatur dalam penyusunan produk hukum daerah. Guna menciptakan produk hukum daerah yang berdaya laku dan berdaya guna secara efektif dan optimal. Bimtek berlangsung selama sehari, dengan peserta sebanyak 70 orang.

Bupati Asahan dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Asisten I menyampaikan, salah satu ciri daerah otonomi adalah membuat kebijakan yang dituang dalam peraturan sebagai dasar yuridis dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Baik dalam rangka otda maupun atribusi atau pelimpahan dari perundangan yang lebih tinggi. Yang memberikan kewenangan kepada daerah untuk mengaturnya kedalam peraturan tingkat daerah (produk hukum daerah).

“Dengan bimtek ini diharapkan OPD memiliki aparatur yang mampu menyusun dan merumuskan suatu rancangan produk hukum daerah yang memenuhi kaidah dan persyaratan formil dan materil, sehingga produk hukum yang dibentuk dapat berdaya laku dan berdaya guna secara efektif dan optimal,” kata Asisten I.

Lebih lanjut, Asisten I menjelaskan, bimtek ini merupakan salah satu rencana aksi Pemkab Asahan untuk peningkatan sumber daya aparatur. Ini menjadi prasyarat dari Kemendagri dalam mencapai visi misi yang tertuang dalam RPJMD Tahun 2021-2026.

Di akhir sambutannya, Asisten I mengharapkan kepada seluruh peserta untuk bersungguh sungguh dalam mengikuti acara sampai selesai. Sehingga peserta dapat memperoleh manfaatnya secara maksimal.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment