PPMN Gelar FGD: Strategi Komunikasi Guna Mendukung Vaksinasi Covid-19

PPMN Gelar FGD: Strategi Komunikasi Guna Mendorong Efektivitas Program Sosialisasi Covid-19

topmetro.news – Dalam upaya mendorong tercapainya target vaksin yang ditetapkan pemerintah, Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) mengadakan Focused-Group Discussion (FGD) pada Rabu (16/2/2022), di Balai Desa Tanjung Selamat, Deli Serdang.

FGD diikuti oleh 10 peserta dari perwakilan kelompok rentan, jurnalis media lokal, dosen, tenaga kesehatan, dan pegiat/penggerak masyarakat (LSM dan OMS lokal).

Tujuan FGD ini untuk memetakan berbagai masalah yang menghambat vaksinasi. Terutama di kelompok rentan dan merumuskan strategi program komunikasi yang tepat untuk membantu mendorong efektivitas program sosialisasi Covid-19 dan vaksinasi.

Erwan Halil, Fasilitator FGD memandu jalannya diskusi dan membahas masalah faktor penghambat vaksinasi terhadap kelompok rentan. Kemudian mengungkap peran aktor-aktor kunci di masyarakat setempat yang mampu mendorong vaksinasi. Saluran komunikasi yang tepat untuk menyosialisasikan Covid-19 dan vaksinasi. Serta pesan-pesan kunci yang efektif guna mengedukasi masyarakat.

Koordinator Jurnalis Warga PPMN, Sry Lestari Samosir mengharapkan melalui kegiatan ini jurnalis dan media, baik di tingkat lokal maupun komunitas, dapat menyebarluaskan informasi yang benar terkait vaksin.

“Komunitas jurnalis dan media lokal diharapkan dapat menjadi pihak yang berperan untuk membangun kesadaran warga masyarakat. Terutama mereka yang tergolong kelompok rentan mengenai pentingnya vaksin,” tutur Sry.

Di akhir acara dirumuskan rekomendasi yang relevan terkait dengan program di tingkat warga diantaranya melakukan sosialisasi dan vaksinasi door to door, membuat media komunitas desa untuk memberikan akses informasi yang benar terkait vaksin, dan mengajak aktor Tokoh Agama dan Tokoh Adat untuk menyosialisasikan vaksinasi.

Sumber: PPMN

Related posts

Leave a Comment