60 Tewas Akibat Ledakan di Tambang Emas Ilegal Burkina Faso

60 Tewas Akibat Ledakan di Tambang Emas Ilegal Burkina Faso

topmetro.news – Sekitar 60 orang tewas dan puluhan lainnya cedera dalam sebuah ledakan di lokasi penambangan emas ilegal di barat daya Burkina Faso, pada Senin (21/2/2022).

Namun penyebab dari ledakan di tambang emas provinsi Poni ini belum di ketahui. Berikut penjelasan komisaris tinggi Poni Antoine Douamba kepada televisi pemerintah.

Gambar-gambar menunjukkan lokasi ledakan dengan pohon-pohon tumbang dan rumah-rumah hancur. Mayat tergeletak di tanah, dan tertutup oleh tikar.

Tidak jelas jenis penambangan emas apa yang terjadi di lokasi tersebut. Burkina Faso memiliki sejumlah tambang emas besar yang di jalankan oleh perusahaan internasional. Tetapi juga ada ratusan tambang ilegal beroperasi tanpa pengawasan.

Anak-anak sering bekerja di apa yang disebut tambang artisanal ini dan kecelakaan dianggap hal biasa.

Burkina Faso, salah satu negara paling tidak berkembang di dunia. Dapat penyerangan oleh kelompok-kelompok teroris afiliasi Al Qaeda dan ISIS yang berusaha menguasai lokasi pertambangan sebagai sarana untuk mendanai serangan kekerasan mereka.

Ledakan hari Senin itu ratusan mil dari tempat kelompok-kelompok ini biasanya beroperasi dan tidak ada tanda-tanda bahwa kelompok teroris itu terlibat.

 

Sumber: tempo.co

Related posts

Leave a Comment