FIFA Coret Timnas Rusia dari Piala Dunia

FIFA Coret Timnas Rusia dari Piala Dunia

topmetro.news FIFA menjatuhkan sanksi penangguhan bermain bagi timnas Rusia berlaga di segala ajang kompetisi yang berada di bawah naungan induk organisasi sepak bola tertinggi di dunia itu, termasuk Piala Dunia.

Bukan hanya timnas Rusia yang mendapat hukuman, klub-klub Rusia juga mendapat sanksi larangan bermain di kancah FIFA maupun UEFA.

“FIFA dan UEFA hari ini bersama-sama memutuskan bahwa seluruh tim Rusia, baik itu tim nasional maupun klub, dilarang berpartisipasi dalam kompetisi di bawah FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lanjutan,” tulis pernyataan resmi tersebut, mengutip dari situs UEFA.

Hukuman tersebut adalah dampak dari invasi Rusia ke Ukraina yang sudah berlangsung sejak Kamis (24/2/2022).

“Sepak bola sepenuhnya bersatu di sini dan mendukung solidaritas penuh pada orang-orang yang terdampak di Ukraina.”

“Kedua Presiden [UEFA dan FIFA] berharap situasi di Ukraina bisa menunjukkan perkembangan membaik dengan signifikan sehingga sepak bola kembali menjadi alat pemersatu dan perdamaian di antara orang-orang,” lanjut pernyataan FIFA.

Timnas Rusia sedianya bakal bertarung di babak play-off Piala Dunia 2022 menghadapi Polandia. Dengan jatuhnya putusan ini, Polandia otomatis akan langsung melaju ke babak berikutnya dan menanti pemenang duel Swedia vs Rep.Ceko.

Sebelumnya beberapa federasi negara Eropa sudah mengumumkan keengganan bertanding melawan Rusia dalam ajang play-off tersebut.

Sementara dengan di keluarkannya keputusan FIFA tersebut maka klub Spartak Moskow tidak bisa melaksanakan pertandingan di Liga Europa. Sebelumnya Spartak jadwalnya menghadapi RB Leipzig pada babak 16 besar.

Sumber: CNN

Related posts

Leave a Comment