Ironis..!! Mau Pestakan Anak, Rumah Dilalap Api

Ironis..!! Mau Pestakan Anak, Rumah Dilalap Api

topmetro.news – Ironis…! Demikian gambaran musibah yang dialami Sukir (55), warga Jalan Lintas Binjai-Bukit Lawang, Dusun VI Sidodadi Desa Namo Mbelin Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat.

Pasalnya rumah semi permanen miliknya terbakar dilalap si jago merah, yang terjadi Rabu (02/03/2022) sekira pukul 19.15 WIB (malam).

Inforomsi berdasarkan rangkuman topmetro.news dari Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK, melalui Kapolsek Kuala AKP Ilham SSos, bahwa sumber kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan.

“Sumber api masih dalam penyelidikan. Namun untuk sementara sumber api diperkirakan karena arus pendek,” ujar Kapolsek Kuala AKP Ilham, melalui Lapsik yang dikirimkan ke topmetro.news, Kamis (3/3/2022).

Dalam Lapsitnya, Kapolsek Kuala AKP Ilham SSos menjelaskan, Rabu (2/3/2022) sekira pukul 15.00 WIB, korban Sukir sedang memasak ketupat lontong di bagian belakang rumahnya dengan menggunakan kayu bakar dan batu bata sebagai tungkunya. Berdekatan dengan gudang tempat penyimpanan bahan bakar minyak tanah, Pertalite dan solar serta barang-barang dagangan lainnya.

Minyak Tanah Tumpah

Sekira pukul 19.15 WIB, saat masih menunggu ketupat lontong yang dimasak, Sukir memindahkan jerigen yang berisikan minyak tanah dan melewati tempat masak ketupat lontong tersebut.

“Tiba-tiba jerigen yang berisikan minyak tanah terjatuh dan menimpa tungku api tempat masak ketupat lontong. Sehingga api langsung membesar dan menyambar gudang yang banyak tersimpan bahan bakar minyak seperti minyak tanah, Pertalite dan solar. Dan secara cepat api menjalar ke seluruh bagian rumahnya. Hingga ke bagian depan dan membakar barang dagangan serta tabung-tabung gas elpiji ukuran 3 kg yang tertumpuk di bagian depan rumahnya dan meledak,” ujarnya.

Api dengan cepat melahap rumah semi permanen tersebut. Api dapat dipadamkan sekira pkl 21.15 WIB setelah dua unit pemadam kebakaran Pemkab Langkat Pos Damkar Stabat dan Pos Damkar Kecamatan Selesai, dibantu dua unit truk pemadam kebakaran milik PT LNK Kebun Bekiun dan Tanjung Keliling.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut. Namun akibat dari kejadian itu seisi rumah termasuk barang-barang dagangan habis terbakar. Dan kerugian materil ditaksir sekitar Rp300 juta.

“Sedangkan pemilik rumah, Sukir, mengalami luka bakar pada kedua tangannya dan saat ini dirawat di RSU Delia Selesei. Namun kondisi korban masih stabil,” ujar Kapolsek.

Saat ini ini, Polsek Kuala juga sudah memintai keterangan beberapa saksi terkait musibah kebakaran tersebut. Yakni Menik (48), Kasiman (50), dan Atik (50). Kesemuanya merupakan warga Dusun VI Sidodadi Desa Namo Mbelin, Kecamatan Kuala.

Informasi lain dari tetangga korban, ternyata Sukir pada Hari Selasa (8/3/2022) minggu depan, rencananya menikahkan anaknya yang berprofesi sebagai guru honorer.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment