USU Lantik 3.335 Orang Wisudawan/i, Ini Pesan Rektor

USU Lantik 3.335 Orang Wisudawan/i, Ini Pesan Rektor

topmetro.news Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin S.Sos M.Si melantik sebanyak 3.335 Wisudawan/i Periode II TA 2021/2022 orang di ruang Auditorium USU Medan, Senin (7/3/2022) sekira pukul 08.00 WIB.

Dari 3.335 orang yang dilantik, rinciannya Program Doktor 55 orang, Magister 433 orang, Program Magister dan Dokter Spesialis 2 orang, Program Pendidikan Spesialis 84 orang, Program Dokter jenjang Magister 93 orang, Program Profesi 183 orang, Program sarjana 2.381 orang dan Program Diploma sebanyak 104 orang.

Dr Muryanto menegaskan, lulusan universitas Sumatera Utara periode ini terdiri dari 1.346 orang (40,36 persen pria) dan 1989 orang (59,64 persen wanita). Hingga kini, jumlah keseluruhan mahasiswa/i lulusan USU, sudah sebanyak 234.875 orang.

Rektor USU Dr Muryanto dalam pidatonya mengingatkan para wisudawan/i untuk dapat maksimal menunaikan mandat intelektual dalam membantu mengatasi berbagai masalah kemanusiaan. Di mana ilmu yang didapatkan selama di bangku kuliah akan diuji dalam kapasitas profesional di dunia kerja. Sesuai dengan kompetensi kesarjanaan yang telah diraih. Karena kebanggaan akan gelar sarjana yang tidak dibarengi dengan tanggungjawab akademik hanya akan melahirkan arogansi intelektual yang menyesatkan belaka.

“Gelar sarjana yang diperoleh pada hari ini harus dilanjutkan dengan kerja keras untuk memberikan kontribusi besar dalam perubahan global. Dunia saat ini, sedang mengalami perubahan yang sangat besar dan terjadi sangat cepat. Pandemi Covid-19 merupakan tantangan terberat dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Pembatasan ruang gerak dan interaksi sosial, perlambatan ekonomi, pengangguran serta perubahan gaya hidup adalah sederet masalah dari dampak yang kita hadapi di era pandemi,” kata Muryanto.

Pesan Rektor USU

Para wisudawan, lanjut Dr Muryanto, harus mampu menjadi problem solver dalam berbagai persoalan yang membelit rakyat dan bangsa. Sebagai generasi yang mewakili semangat perubahan global dan pembaruan dalam segala bidang, para wisudawan harapannya dapat menjadi the next high level generation pada era digital. Yang akan mampu berkiprah dan berkompetisi tidak hanya di ranah lokal. Namun juga ke tataran nasional dan global.

“Melalui inovasi, berbagai pola transformasi manusia dari pola hidup yang lama menuju pola hidup yang baru. Dengan pemanfaatan teknologi dimungkinkan untuk terjadi dengan cepat. Perluasan lapangan kerja dari bidang pekerjaan yang sebelumnya bersifat tradisional lambat-laun akan digantikan dengan lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan,” papar Dr Muryanto.

Dalam kesempatan itu, seorang perwira menengah Polri yang bertugas di Poldasu, Kompol DR Anderson Siringo-ringo SH MH yang turut dilantik mendapatkan gelar Doktor ilmu Hukum di USU ketika dikonfirmasi menuturkan, akan menerapkan ilmu yang sudah ia dapat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Saya akan mengabdikan ilmu yang saya dapatkan untuk membantu warga masyarakat yang meminta bantuan hukum. Saya juga akan menurunkan ilmu yang saya dapatkan dari belajar di Kampus USU. Kepada masyarakat yang ingin belajar tentang ilmu hukum,” ujar Anderson.

“Harapan saya ke depan, dengan selesainya mendapatkan gelar Doktor ini sangat berharap BUMN (perusahaan plat merah) dapat menjalankan atau melaksanakan harmonisasi pengaturan sebagai sarana penguatan sistim pengawasan internal BUMN. Untuk mencegah kerugian akibat kecurangan (fraud) studi pada BUMN Perkebunan. Untuk adik-adik mahasiswa, supaya tetap semangat untuk menimbah ilmu setinggi-tingginya. Dan harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang sedang berkembang saat ini,” tutup DR Anderson Siringo-ringo SH MH.

reporter | Dian

Related posts

Leave a Comment