Kadinkes Medan Diminta Berinovasi Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Kadinkes Medan Diminta Berinovasi Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

topmetro.news Gerak cepat kinerja Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Taufiq Ririansyah dipertanyakan. Termasuk kemampuan berinovasi dalam peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit. Apalagi, selama ini pelayanan di puskesmas serta RS Pirngadi dinilai buruk.

“Kita tagih kinerja Kadinkes Kota Medan yang baru untuk mampu memberikan pelayanan prima di puskesmas dan RS Pemerintah,” ungkap anggota Komisi II DPRD Medan, Haris Kelana menyikapi belum terlihat perubahan yang siknifikan terkait pelayanan di Puskesmas.

Ia mengatakan, perlu dan harus membuat gebrakan baru terkait peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas dan RS Pirngadi. Begitu juga RSUD Medan Labuhan yang akan mulai beroperasi.

Fungsi Puskesmas

Sebagaimana fungsi puskesmas sebagai pelayanan kesehatan harus maksimal. Begitu juga fungsi puskesmas sebagai tempat pembinaan dan penyuluhan serta pemberi tindakan prefentif kiranya terealisasi dan berjalan baik.

Sedangkan untuk RSUD Medan Labuhan, hendaknya pastikan memiliki fasilitas alat kesehatan yang cukup berikut tenaga medis.

“Harus menunjukan kesan baik. Sehingga ke depan dapat menjadi RS percontohan,” imbuhnya.

Ia meminta, Kadinkes Taufiq mampu melakukan peningkatan pelayanan kesehatan seiring salah satu program prioritas utama Walikota Medan Bobby Afif Nasution.

“Walikota Medan telah menetapkan peningkatan pelayanan kesehatan menjadi program prioritas, Kadinkes harus mampu merealisaaikan itu,” bebernya.

Harapannya Taufiq juga melakukan pembenahan mulai dari penataan kantor Dinas kesehatan hingga seluruh Puskesmas. Begitu juga dengan masalah tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama tenaga medis di Dinas Kesehatan supaya diberdayakan sesuai kehaliannya.

Lanjutnya, masih banyak yang perlu berbenah di Puskesmas induk dan Puskesmas pembantu (Pustu), seperti tenaga medis atau pegawai yang masih minim. Sehingga, akibat minimnya dokter dan pegawai suatu Puskesmas mengakibatkan antrian pasian yang lama.

“Kondisi demikian berdampak buruk terhadap pelayanan kesehatan dan selalu masyarakat keluhkan,” sebutnya.

Ia mengaku, pihaknya akan melakukan rapat evaluasi serapan anggaran triwulan I terkait program kegiatan Dinas kesehatan Kota Medan.

“Kita mau lihat dulu kemampuan Kadinkes yang baru ini,” cetusnya.

 

reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment