Kapolres Langkat Laksanakan Kegiatan Menjalin Silaturahmi Kebhinekaan

Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK melaksanakan kegiatan menjalin Silaturahmi Kebhinekaan bersama tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat di Langkat, Selasa (22/3/2022), pukul 11.00 WIB.

topmetro.news – Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK melaksanakan kegiatan menjalin Silaturahmi Kebhinekaan bersama tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat di Langkat, Selasa (22/3/2022), pukul 11.00 WIB.

Informasi yang diterima topmetro dari Kasi Humas Polres Langkat AKP Joko Sumpeno lewat Lapsitnya memaparkan bahwa jalinan silaturahmi itu dilaksanakan dengan kegiatan pertemuan dan rapat koordinasi yang bertemakan ‘Merawat Kebhinekaan, Meneguhkan Persaudaraan Guna Mewujudkan Harmonisasi Kehidupan Masyarakat di Kabupaten Langkat’ bertempat di RM.Sobat Jalan Jend.Sudirman, Kelurahan Perdamaian, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Langkat Indri Danu Pamungkas Totok, Dandim 0203 Langkat yang diwakili Danramil Stabat Kapten Arh Iroma Harahap, Danyon Marinir yang diwakili Dankima Yonif 8 Kapten Marinir Tulus Krido Sulistio, Kasat Intelkam Polres Langkat AKP M Syarif Ginting SH, Kasat Binmas AKP Efendi Panjaitan, Ketua MUI Kabupaten Langkat H Zulkifli Ahmad Dian LC MA, Ketua PC. Muhammadiyah Kabupaten Langkat H Sujarno SSos MSi, Ketua PD Alwasliyah Kabupaten Langkat Drs Syahrizal MZ, Ketua PC NU Kabupaten Langkat M Khalid SPdi MPd.

Selanjutnya hadir juga Ketua DMI Langkat H Iskandar Sugito SPd MM, Ketua MPI Kabupaten Langkat Heri Widiyanto, perwakilan tokoh adat Kabupaten Langkat, perwakilan tokoh wanita Kabupaten Langkat, perwakilan tokoh agama Kabupaten Langkat, perwakilan tokoh masyarakat Kabupaten Langkat, peserta, dan para undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua MUI Kabupaten Langkat H Zulkifli Ahmad Dian LC MA, mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif karena dapat mempersatukan dan membuat harmonis persaudaraan di Kabupaten Langkat.

“Mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah karena kegiatan ini bisa terlaksana setelah lebih dari setahun kita menghadapi Covid-19, dalam agama kita juga diajarkan agar menjalin hubungan silaturahmi baik itu antar agama, suku dan etnis apa pun. Allah SWT menciptakan kita dengan berbeda-beda, baik agama, ras dan suku, kita harus tetap saling menghargai, menghormati dan merawat serta menjaga perbedaan itu. Agama Islam itu cinta damai dan tidak pernah mengajarkan permusuhan, mudah²an kedepannya Kabupaten Langkat bisa menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, tokoh adat, Nurdin Tarigan, dalam kata sambutannya turut mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut .

“Kami akan menjadi garda terdepan agar tidak ada terjadi gesekan di Kabupaten Langkat ini. Kami berharap, pertemuan ini jangan hanya sebatas ini saja tapi terus berkesinambungan agar Kabupaten Langkat tetap aman dan kondusif,” ujar Nurdin Tarigan.

Sementara itu, Plt Bupati Langkat H Syah Afandien SH dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur Covid-19 sudah agak mereda.

“Saat ini kita di level 2, mudah-mudahan ke depan kita bisa level 1. Terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini yang sangat positif dan bermanfaat untuk keutuhan Kabupaten Langkat,” ujar Bupati.

Di Kabupaten Langkat, lanjut pejabat yang akrab disapa Bang Ondiem ini, ada 14 etnis. Artinya Langkat ini milik semua, tidak boleh ada yang menonjol.

“Kami sering berkumpul dan berbincang-bincang dengan Kapolres Langkat serta Dandim untuk kemajuan Kabupaten Langkat ini. Kegiatan ini bisa menjadi ajang kita untuk bersilatuhami dan sangat positit agar lebih harmonis kedepannya.” harap Bupati.

Selanjutnya, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK dalam kata sambutannya mengungkapkan pihaknya sangat menilai positif karena dapat mempersatukan dan membuat harmonis persaudaraan di Kabupaten Langkat.

“Saya juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran dari para tamu undangan. Kabupaten Langkat saat ini berada di level 2, untuk turun di level 1 vaksinasi lansia harus berada di 70%. Untuk saat ini Kabupaten Langkat belum dapat memenuhi target tersebut. Kegiatan ini memang usulan dari kami Polres Langkat, namun kami menggandeng Ketua FPK Kabupaten Langkat Drs.Syahrizal MZ dalam pelaksanaannya. Mestinya giat ini dari awal dilaksanakan, namum karena fokus giat vaksinasi sehingga baru bisa diselenggarakan pada saat ini,” terang Kapolres.

Perwira tampan melati 3 ini juga mengharapkan situasi yang aman dan kondusif menjelang bulan Suci Ramadhan, agar Umat Muslim bisa beribadah dengan rasa nyaman.

“Mari kita saling bertoleransi, lakukan koordinasi antar tokoh agama dan adat. Apabila ada perselisihan atau permasahalan, agar dibicarakan dahulu dengan baik. Kami memang mengharapkan tidak ada aksi unjuk rasa di Kabupaten Langkat. Lebih baik kita melaksanakan mediasi audiensi terlebih dahulu. Saya juga bersyukur punya istri yang sering memberikan ide serta mendukung konerja saya,” terang Kapolres Langkat yang disambut aplaus seluruh hadirin.

Di akhir kegiatan, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK memberikan buah tangan kepada para tokoh dan undangan yang hadir dan selanjutnya melangsungkan acara makan siang bersama.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment