KJRI Osaka Promosikan Kopi Indonesia

KJRI Osaka Promosikan Kopi Indonesia

topmetro.news – Konjen RI Osaka, pada Sabtu, 26 Maret 2022, memperkenalkan kopi Indonesia ke masyarakat Jepang melalui Sunnyside Fields Kagawa. Sunnyside Fields merupakan Multipurpose Commercial Facility dan area rekreasi keluarga Kota Manno di Prefektur Kagawa, Jepang.

Kopi Indonesia, yang diperkenalkan dalam Sunnyside Fields Kagawa yaitu berasal dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Kepulauan Nusa Tenggara, dan Papua.

Konjen RI Osaka, Diana Sutikno, bersama Gubernur Kagawa, Mr. Keizo Hamada, dan beberapa pemangku kepentingan terkait lainnya, meresmikan Sunnyside Fields Kagawa pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Sunnyside Fields Kagawa salah satunya adalah fasilitas yang menyajikan beragam jenis craft coffee dan olahan coklat yang secara khusus di impor dari Indonesia. Kopi dan coklat tersebut mereka olah dengan sentuhan kearifan lokal Jepang.

“Saya bangga dengan adanya fasilitas komersial di Jepang Barat. Yang secara eksklusif menyajikan produk-produk kopi dan coklat dari Indonesia,” ujarnya.

Sarana Promosi

Menurutnya, keberadaan kopi dan coklat Indonesia di Sunnyside Fields Kagawa dapat menjadi sarana dan upaya promosi Indonesia yang efektif.

Gubernur Keizo Hamada menyambut baik peresmian Sunnyside Fields sebagai pintu awal promosi Indonesia di Kagawa. Yang dapat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, kebudayaan, pertanian, dan pendidikan.

“Peran aktif Pemerintah Indonesia dalam dalam memajukan kerja sama dengan Prefektur Kagawa di segala bidang  sangat kami apresiasi. Kehadiran Indonesia melalui kopi dan coklatnya di tengah masyarakat Kagawa, harapannya bisa menciptakan kerja sama yang menguntungkan,” kata Gubernur Hamada.

Peresmian Sunnyside Fields tidak lepas dari kesepakatan penandatanganan kontrak kerja sama. Berlangsug pada April 2021 di kantor ITPC Osaka antara Mirza Management pimpinan Koichi Yasogawa bersama PT. Arumia Kharisma Indonesia.  Konjen RI Osaka dan Kementerian Perdagangan menyaksikan acara itu untuk mengimpor biji kopi dan juga biji kakao dari Indonesia secara bertahap mulai 2021. Langkah awal tersebut berbuah manis yang turut menyumbang surplus kinerja perdagangan Indonesia dengan Jepang hingga saat ini.

Acara peresmian Sunnyside Fields Kagawa dihadiri lebih dari 100 undangan pejabat kota setempat, jajaran Kagawa Japan Indonesia Friendship Association, para pelaku usaha hingga perwakilan dari pusat perbelanjaan ternama Jepang AEON dan Mitsukoshi Takamatsu Kagawa. Para tamu berkesempatan menikmati sajian kopi dan kakao Indonesia yang di akuinya memiliki rasa yang berbeda daripada kopi dan kakao lainnya yang sudah ada di Jepang.

 

Sumber : tempo

Related posts

Leave a Comment