Kegiatan Menenun Tradisional di Musrembang 2023 Sumut Curi Perhatian

Kegiatan Menenun Tradisional di Musrembang 2023 Sumut Curi Perhatian

topmetro.news Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumatera Utara tahun 2023, pada Rabu (30/3/2022). Bertempat di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Hall, Jalan Kapten Maulana Lubis

Ada hal yang mencuri perhatian di tempat penyelenggaraan Musrenbang 2023. Di depan pintu masuk Convention Hall terdapat pameran produk-produk khas Sumut. Ada kegiatan menenun secara tradisional yang menarik perhatian para pengunjung. Bahkan, tidak sedikit pengunjung yang meminta foto bersama dengan penenun.

Ada dua kegiatan menenun yang dipamerkan dalam kegiatan ini, pertama Uis Gara dan kedua Songket Melayu Deli.

Selain aktivitas menenun, banyak produk kain songket khas daerah-daerah Sumut seperti Toba, Simalungun, Mandailing, Angkola dan lainnya yang dipamerkan di pembukaan Musrenbang 2023. Ada juga tas, pakaian, dompet dan lainnya dengan bahan dasar kain tenun. Untuk makanan dan minuman kopi tentu tidak terlewatkan, kemudian bolu dan juga makanan-makanan ringan produk UMKM.

Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis tidak melewatkan kegiatan tersebut, dengan berbincang langsung dengan penenun dan pegiat UMKM. Nawal juga terlihat membeli beberapa kain songket serta makanan ringan pada pameran tersebut.

Dukung UMKM

“Kita harus dukung terus produk UMKM dan produk kreatif kita. Kita juga harus bangga, kita punya banyak jenis kain tenun yang luar biasa,” kata Nawal, usai meninjau pameran.

Banyak hal menarik yang terjadi di Musrenbang 2023 Sumut. Dimulai dari kegiatan seluruh kepala daerah mengendarai sepeda motor dari Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan ke Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Hall.

Baca Juga | Edy-Ijeck dan Bupati/Walikota Konvoi Pakai Sepeda Motor ke Acara Musrenbang

Ini merupakan Musrenbang terakhir bagi Edy Rahmayadi dan Wakilnya Musa Rajekshah. Edy Rahmayadi menekankan cita-citanya membangun Sumut yang sempat tertunda karena Covid-19 harus bisa terwujud, terutama masalah infrastruktur jalan.

Musrenbang di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Hall merupakan acara puncak Musrenbang 2023 Sumut. Sebelumnya, telah berlangsung pra Musrenbang yang terbagi Zona Pantai Timur, Pantai Barat, Dataran Tinggi dan Kepulauan Nias.

 

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment