Kapolres Asahan dan Forkopimda Rakor Jelang Ramadhan 1443 H

Kapolres Asahan dan Forkopimda Rakor Jelang Ramadhan 1443 H

topmetro.news Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH, bersama Forkopimda menghadiri rapat koordinasi menjelang Ramadhan 1443 H 2022 Masehi di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Mekar Baru, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan pada Jumat (01/4/2022).

Dalam rakor tersebut, Bupati Asahan H. Surya, B.Sc diwakilkan Sekda Kabupaten Asahan Jhon Hardi Nasution meminta kepada Dinas Kesehatan agar memperhatikan dan memaksimalkan vaksinasi. Walaupun dalam situasi bulan Suci Ramadhan. Serta meminta kepada pihak pertamina agak betul-betul  memperhatikan ketersediaan BBM jenis solar di bulan Suci Ramadhan.

“Kami Forkopimda Kabupaten Asahan akan mengawasi dan memperhatikan kelangkaan sembako dan ketersediaan lainya,” kata Sekda Kabupaten Asahan Jhon Hardi Nasution.

Sementara Dandim 0208/As Letkol INF. Frenki Susanto SE memberikan saran menjelang bulan Ramadhan. Tentunya semangat untuk vaksinasi harus tetap terjaga.

“Untuk mudik harus di perhatikan. Guna melonjaknya penyebaran Covid-19. Memperhatikan kenaikan kenaikan bahan pokok dan BBM,” kata Letkol Inf. Frenki Susanto SE.

Dandim 0208/AS menyampaikan untuk radikalisme dan terorisme harus di antisipasi. Forum Umat beragama harus saling berkoordinasi agar tidak ada terjadi  keributan.

“2-3 Minggu setelah lebaran Dinas kesehatan harus mempersiapkan ruangan isolasi dan obat-obatan. Guna antisipasi lonjakan Covid-19.  Penyaluran Zakat Pitra harus resmi agar dapat di pertanggungjawabkan secara pertikal dan horizontal. Kita berharap di tahun ini selalu diberikan kesehatan Allah swt dalam menjalankan ibadah puasa,” ucap Frenki.

Sedangkan Kapolres Asahan memberikan tanggapan dan saran untuk capaian vaksin Kabupaten Asahan sudah cukup bagus berharap kedepan lebih meningkat lagi.

“Kepada Ketua MUI diminta untuk memberikan penjelasan apakah masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa dapat melaksanakan Vaksinasi. Pemerintah harus menekankan terus agar masyarakat kita khusus Kabupaten Asahan agar dapat melaksanakan Vaksin 100%,” ujarnya.

Vaksinasi Saat Puasa

Kapolres berharap di bulan Suci Ramadhan vaksinasi tetap dapat berjalan dengan baik. Untuk itu kepada Dinas terkait, agar di bulan suci Ramadhan proses vaksinasi berlangsung saat malam hari. Hal itu lantaran adanya masyarakat yang tidak mau vaksin pada saat melaksanakan ibadah puasa.

“Kami meminta kepada pihak pertamina agar menekankan kepada seluruh SPBU di Kabupaten Asahan agar tidak memberikan minyak subsidi kepada Masyarakat yang menggunakan jerigen dan modifikasi tangki yang tidak Standart,” kata Kapolres.

Kapolres menegaskan pihaknya akan menindak tegas bagi Masyarakat yang melakukan jual beli petasan yang tidak memiliki ijin.

“Kami dari pihak kepolisian akan menindak tegas bagi Masyarakat yang melakukan jual beli petasan yang tidak memiliki ijin,” tegasnya.

Tutup Tempat Maksiat

Kemudian Ketua Alwasliyah Syahrul NST MA berharap agar tempat maksiat, tempat hiburan dan tempat yang berpotensi menimbulkan keributan agar di tutup. Serta meminta agar bubarkan balap liar.

“Kepada instansi terkait agar memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke Kabupaten Asahan untuk diperhatikan  kelayakan konsumsinya,” pintanya.

Ketua Alwasliyah juga meminta  kepada Dinas terkait pada saat melaksanakan vaksinasi agar malakukan pemeriksaan terlebih dahulu guna antisipasi  terjadinya hal hal yang tidak di inginkan.

Hadir pada rapat koordinasi Bupati Asahan H Surya B,Sc diwakilkan Sekda Jhon Hardi Nasution, Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK, MH, Dandim 0208/As Letkol Inf. Frenki Susanto SE, Danlanal TBA Letkol Laut (P) AAN. PT Sebayang SE DWC, Ketua PN Asahan Nelson Angkat SH MH,  Kajari Asahan Dedyng Wibiyanto Atabay SH MH di wakilkan Kasipidsus V. Tampubolon.

Kemudian Ketua MUI H. Salman Abdullah Tanjung MA, Ketua Alwasliyah Syahrul NST MA, Ketua NU H. Heri Supian, Ketua Muhammadiyah Drs. M. Ahyar Akhiar MA, Ketua FKUB H. Humaidy Samsuri Pane diwakilkan Sudirman Latsa, Ketua Imtaq H. Ahmad Kosim Marpaung, Ketua DMI SADAT, Pengadilan Agama diwakilkan, Asisten l dan ll, Kabag Ops Polres Asahan, Kakan Kemenag, Sekda, Para OPD Kabupaten Asahan serta mewakili Pertamina.

 

reporter | Kiki sitepu

Related posts

Leave a Comment