Serahkan Laporan Pansus LKPj, Haris Minta Evaluasi Pimpinan OPD

Serahkan Laporan Pansus LKPj, Haris Minta Evaluasi Pimpinan OPD

topmetro.news – Ketua Panitia Khusus (Pansus) LKPj  akhir tahun anggaran 2021 Haris Kelana Damanik ST meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan agar maksimalkan serapan anggaran yang telah diprogramkan di dinas masing-masing. Sebab dari hasil pembahasan pansus terdapat Sisa Lebih Perhitungan Amggaran (Silpa) di tahun 2021 lebih besar daripada tahun 2020.

“Kita sangat menyayangkan beberapa OPD Pemko Medan yang lemah terkait serapan anggaran di tahun 2021. Parahnya jumlah persentase Silpa justru lebih besar di tahun 2021 dibanding tahun 2020,” ungkap Haris Kelana Damanik kepada wartawan usai rapat paripurna penyampaian laporan Lkpj dari Pansus ke pimpinan dewan.

Ketua DPRD Medan Hasyim SE di dampingi Wakil Ketua Ihwan Ritonga, Rajudin Sagala, HT Bahrumsyah dan sejumlah anggota DPRD Medan pimpin rapat paripurna internal tersebut. Hadir juga Sekwan M Ali Sipahitan dan stafnya.

Tingkatkan Kinerja

Untuk itu, Haris mendorong agar seluruh OPD lebih meningkatkan kinerjanya. Bagi pimpinan OPD yang terbukti lemah memggunakan anggaran hendaknya di evaluasi.

Sebelumnya, saat membacakan laporan Pansus, Haris Kelana Damanik menyebutkan Pansus berharap agar tidak terjadi tumpang tindih anggaran antar OPD dengan menyesuaikan perencanaan program dan kegiatan sesuai dengan tugas fokok dan fungsi masing masing berdasarkan skala prioritas.

Lanjut Haris lagi, berdasarkan hasil pembahasan antara Pansus dengan OPD terdapat  beberapa hal yang perlu mendapat perhatian serius.  Seperti masih banyak Perda Kota Medan yang belum di tindaklanjuti dengan Perwal. Sehingga belum dapat terapkan akibat belum memiliki aturan petunjuk teknis pelaksanaan.

Selanjutnya, dalam laporan yang Pansus sampaikan, seluruh OPD mendapat kritikan dan saran dari Pansus. Dengan harapan ke depan agar ada perubahan lebih baik.

Usai selesai pembacaan laporan Pansus selanjutnya menyerahkan berkas ke pimpinan dewan yang di terima Ketua DPRD Medan Hasiym SE. Disebutkan, laporan pansus disetujui dan akan menjadi rekomendasi DPRD Medan ke Walikota Medan M Bobby Afif Nasution.

Selanjutnya Sekwan M Ali Sipahutar membacakan konsep keputusan rekomendasi yang penyampaiannya melalui rapat paripurna dan di jadwalkan Selasa 26 April 2022. Rekomendasi akan menjadi perbaikan oleh Pemko Medan.

 

reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment