Bupati Asahan Hadiri Rakorwil APKASI se Sumut

Bupati Asahan Hadiri Rakorwil APKASI se Sumut

Topmetro.news – Bupati Asahan H Surya BSc menghadiri rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) se Sumatera Utara (Sumut) di Kantor Bupati Serdang Bedagai, Kamis (19/5/2022).

Rakorwil dihadiri Asisten I Sekdaprovsu, Ketua Umum APKASI, Korwil Sumut Dewan Pengurus APKASI (Bupati Serdang Bedagai). Kepala Daerah se Sumut dan undangan lainnya.

Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga merupakan Bupati Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat mengatakan. APKASI akan mendorong dan memfasilitasi dalam meningkatkan pembangunan daerah .

Sutan meminta setiap daerah untuk fokus dalam mengembangkan produk unggulan di daerahnya masing masing. Sehingga bisa saling menopang, saling mengisi dan saling melengkapi satu dengan lainnya.

Asisten I Sekdaprovsu Drs HM Fitriyus MSP mengapresiasi Kepala Daerah yang selama ini telah berjuang membantu Pemerintah menanggulangi pandemi covid-19. Marilah kita berdoa pandemi ini hilang agar kita dapat beraktivitas seperti biasa.

Fitriyus juga mengatakan tujuan dari APKASI ini sangat baik. Dapat mengkoordinasikan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dan menjadi wadah untuk pembangunan daerah.

Fitriyus berharap, apa yang menjadi pembahasan dalam Rakorwil ini dapat kita wujudkan di wilayah masing masing. Sehingga kita dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Sumatera Utara.

Membangun Sinergi

Korwil Sumut Dewan Pengurus APKASI H Darma Wijaya berharap kita dapat mengemban amanah APKASI sesuai dengan visi yaitu membangun sinergi kerja antar Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi dengan semangat keberagaman budaya dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi pada masa dan pasca pandemi.

Darma Wijaya yang juga Bupati Serdang Bedagai mengajak untuk membangun sinergi tata kelola Pemerintah Pusat dan Kabupaten, menyelaraskan pembangunan infrastruktur, memperkuat hubungan perdagangan, meningkatkan kerjasama sosial kemasyarakatan, budaya dan pariwisata untuk membenahi ekonomi terutama pemulihan ekonomi nasional akibat covid 19, memperkuat kolaborasi antar daerah serta meningkatkan solidaritas antar daerah dalam penanggulangan bencana alam dan non alam yang menimpa Kabupaten, Provinsi dan Nasional sesuai dengan program kerja APKASI.

Saat ini Kabupaten Serdang Bedagai sedang berupaya untuk memperkuat kerjasama dengan melakukan kunjungan ke sejumlah Kabupaten di Sumut. Dalam setiap kunjungan tersebut dilakukan  koordinasi dan komunikasi untuk menjalin kerjasama antar daerah. Dan Alhamdulilah pada hari ini kita telah melakukan penandatanganan MoU secara serentak. Diharapkan segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama antara lain di bidang pengembangan industri pariwisata, ketahanan pangan, pertanian dan peternakan melalui investasi penggemukan sapi, pemanfaatan limbah ubi kayu dan limbah sawit.

Bupati Asahan mengatakan Pemkab Asahan akan mendukung sepenuhnya program APKASI sebagai organisasi Pemerintah Daerah. Dapat menjadi mitra strategis Pemerintah maupun lembaga lain dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah.

“Sebagai wadah Pemerintah Daerah, APKASI memiliki tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi daerah di tingkat Kabupaten berjalan baik, memiliki semangat kuat dalam membangun daerahnya dan sebagai mitra strategis antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah”, kata H Surya.

Penulis | En.

Related posts

Leave a Comment