Dukung Sosialisasi Keselamatan Pelayaran Danau Toba

Dukung Sosialisasi Keselamatan Pelayaran Danau Toba

topmetro.news –  Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan dari nakhoda kapal dan memenuhi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM.52 Tahun 2012 Tentang Alur Sungai dan Danau dan Peraturan Direktorat Jenderal Pehubungan Darat Nomor KP 3424/AP.402/DRJD/2020, Regal Springs Indonesia bekerjasama dengan Balai Pengelola  Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumatera Utara mengadakan kegiatan Sosisalisasi Keselamatan Lalu Lintas Sungai dan Danau serta sertifikasi kepada 50 orang nakhoda kapal di  Pelabuhan Ihan Batak, Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Sabtu (21/5/2022).

“Dalam menjalankan operasional kami di beberapa Kabupaten di Danau Toba, saat ini Regal  Springs Indonesia memiliki lebih dari 42 unit kapal. Sebagai alat transportasi untuk mengangkut pakan, pengawas patroli dan kapal pengangkut karyawan menuju lokasi kerja yang di operasikan sendiri maupun bermitra dengan operator kapal dengan sekitar 30 SDM (sumber daya manusia) nakhoda kapal,” ujar Donald William Mcintyre General Manager Farming Regal Springs Indonesia.

Tingkatkan Kemampuan

“Tentunya untuk memenuhi persyaratan sesuai ketentuan, kepatuhan dalam  mengoperasikan kapal, keselamatan berlayar serta untuk peningkatan skill para kru kapal, kami mendukung setiap upaya kolaboratif dengan setiap pemangku kepentingan di wilayah operasional Regal Springs Indonesia,” lanjutnya.

Adapun untuk materi pelatihan yang ia sampaikan mencakup sosialisasi Konstruksi Kapal, Sungai dan Danau, cara berlalu lintas, SAR Sistem, penegakan hukum kapal, tata cara penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dan materi lainnya yang berhubungan dengan kelaik lautan kapal sungai dan danau.

Hadir sebagai narasumber Koordinator Satuan Pelabuhan (Korsatpel)  Dermaga Ajibata Rijaya Simarmata, Kepala Koordinator Basarnas Danau Toba Hisar Turnip,  Kanit Polairud markas Danau Toba, AKP Dodi Gunawan dan narasumber lain dari BPTD Wilayah II Sumatera Utara.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat BPTD Wilayah II Sumatera Utara, Batara Pardede melalui Koosatpel Toba, Rijaya Simarmata mengatakan bahwa sejak Peraturan Dirjen Pehubungan Darat Nomor KP 3424/AP.402/DRJD/2020 ditetapkan dan sudah berjalan lebih dua tahun.

Hingga saat ini proses penerbitan kelengkapan adminstrasi dan juga pemeriksaan kelaikan kapal masih berjalan baik. Yang Direktorat TSDP maupun BPTD Wilayah II Sumatera Utara lakukan.

“Kegiatan sosialisasi adalah salah satu upaya kami untuk memastikan para peserta di sini dapat  lebih memahami tentang keselamatan berlayar. Kolaborasi dari berbagai pihak tentunya sangat bermanfaaat dalam hal peningkatan kapasitas SDM,” ujar Rijaya Simarmata.

 

reporter | Ali Amran

Related posts

Leave a Comment