Mengisi Waktu Luang Sebelum Dosen Masuk, Riski Cs Ciptakan ‘Pojok Baca’ di Kampus

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil Khalilullah sambangi Pojok Baca hasil kreasi Riski Mauliddin cs, mahasiswa STAISAR Aceh Singkil.

topmetro.news – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil Khalilullah sambangi Pojok Baca hasil kreasi Riski Mauliddin cs, mahasiswa STAISAR Aceh Singkil.

Selain melihat secara langsung, orang nomor satu di Dinas Dikbud Aceh Singkil tersebut juga menyumbang puluhan buku untuk mengisi Pojok Baca itu.

Kepada reporter topmetro.news Khalilullah mengatakan, ide-ide yang dituangkan oleh mahasiswa STAISAR tersebut sangat bagus serta Inovatif.

“Tentunya hal yang dibuat oleh adek-adek mahasiswa ini sangat positif. Mengekspresikan kegabutan mereka ke hal yang sangat bagus serta Inovatif,” kata Khalilullah, Selasa (31/5/2022).

“Kita terus mendorong semua pihak yang mampu memfasilitasi meningkatkan literasi, karena ini sangat penting. Selama ini mungkin menjadi kelemahan kita yang kurang gemar membaca. Sehingga akhirnya kemampuan kita di beberapa hal tidak maksimal,” tuturnya.

“Alhamdulillah. Hari ini saya juga menyumbangkan beberapa buku pribadi saya ke Pojok Baca adek-adek mahasiswa. Ssemoga dapat bermanfaat,” masih imbuhnya.

Kegiatan Positif

Berawal dari kegabutan sekelompok mahasiswa STAISAR Aceh Singkil yang dikomandoi oleh Riski Mauliddin CS berakhir dengan hal yang positif.

Hal ini karena sekelompok mahasiswa ini mengisi waktu luang di sela-sela menunggu masuk dosen dengan menyiapkan tempat membaca yang mereka beri nama Pojok Baca.

“Awal mula adanya pojok ngopi berawal dari kegabutan beberapa teman teman mahasiswa dari ngopi-ngopi bisa setelah jam mata kuliah selesai. Kami melihat rekan-rekan mahasiswa tidak ada kegiatan lain selain ngobrol di sekitaran kampus. Dan kebanyakan teman-teman lain ke kantin untuk mengisi waktu kosong mereka. Jadi timbulah ide dari beberapa teman-teman untuk membuat suatu lomunitas yang diberi nama Pojok Ngopi,” ucap Riski.

“Tujuan ini ialah bisa memberikan manfaat buat teman-teman mahasiswa. Selain kita bisa ngopi, kita bisa buat kegiatan baca bareng bersama teman-teman,” lanjutnya.

“Menurut kami, Komunitas Pojok Ngopi ini bisa menjadi alternatif lain untuk bergerak di bidang kemahasiswaan. Sebagai contoh, pergerakan yang sudah dilakukan Pojok Ngopi yaitu Pojok Baca. Di mana kami menyiapkan buku bacaan bagi teman-teman di kampus,” ujarnya.

reporter | Rusid Hidayat

Related posts

Leave a Comment