Tim Terpadu Gabungan Polres Langkat, Polres Atam dan TNI Bersinergi Cegah PMK

Tim Terpadu Gabungan Polres Langkat, Polres Atam dan TNI Bersinergi Cegah PMK

topmetro.news – Tim terpadu gabungan Polres Langkat dan Polres Aceh Tamiang (Atam) beserta TNI dan instansi terkait terus bersinergi melakukan Penyekatan serta pemeriksaan kendaraan yang membawa hewan ternak di perbatasan Sumut-Aceh terkait wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Tepatnya di Pospol Polsek Kejuruan Muda Polres Aceh Tamiang.

Laporan Penyekatan dan pemeriksaan kendaraan yang membawa hewan ternak terkait wabah PMK di Perbatasan Sumut-Aceh berlangsung selama 2 hari. Yakni pada Kamis (02/6/2022) pukul 20.00 WIB hingga  Jumat (03/6/2022) pukul 06.00 WIB.

Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK melalui Kasi Humas AKP Joko Sumpeno mengatakan adapun tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mencegah penyebaran (PMK) yang menyerang ternak sehingga tidak meluas ke daerah-daerah lain.

Baca Juga | Cegah PMK, Personel Polres Langkat dan Polres Atam Apel Pagi

Adapun personel yang terlibat dari unsur Polri, TNI, Satpol-PP dan dinas Peternakan antara lain Pawas AKP TC Sihite, Padal Ipda Wasman.

Rinciannya dari Polres Langkat sebanyak 5 personel, TNI/Kodim 0203/Langkat 2 personel, Bidang Peternakan Langkat 2 personel dan Satpol PP Langkat 2 personel.

Sementara dari Polres Aceh Tamiang Padal Ipda Eko, dengan rincian Polres Atam 8 personel, dari TNI/ Kodim0117/Atam 2 personel dan Dinas Peternakan Atam 2 personel.

“Sampai saat ini dilaporkan, belum ada kendaraan dari Aceh-Sumut dan sebaliknya Sumut-Aceh yang membawa hewan ternak terpaksa diputarbalikkan karena membawa ternak diduga terjangkit PMK atau kendaraan yang bermuatan ternak tanpa disertai dokumen kesehatan hewan,” ujar Joko.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment