Dukung Program Unggulan Bidang UMKM, Bupati Samosir Buka Pelatihan Pembuatan Souvenir

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom membuka pelatihan pembuatan souvenir, yang merupakan kegiatan peningkatan kapasitas koperasi dan Usaha Mikro dan Kecil (PK2UMK).

Penyelenggara adalah Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir. Berlangsung di Hotel Saulina Ressort, Pangururan, Selasa (7/6/2022).

Dalam arahannya, Bupati menjelaskan, untuk mendukung Samosir sebagai daerah tujuan wisata bertaraf internasional, perlu adanya kreatifitas dan inovasi dalam menjalankan bisnis souvenir. Sehingga tercipta diversifikasi produk yang memiliki keunikan tersendiri tanpa menghilangkan budaya lokal. Dengan demikian, para wisatawan memiliki banyak pilihan souvenir dengan sentuhan Etnik Batak.

Melalui kegiatan pelatihan itu, ia berharap adanya peningkatan yang signifikan bagi para pelaku UMKM. Khususnya yang bergerak di bidang pembuatan souvenir, agar mampu menghasilkan maupun menciptakan produk yang berkualitas dan berdaya saing.

“Selamat mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan souvenir. Semoga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk-produk UMKM. Jadilah pelaku UMKM yang berkarya dengan mengedepankan kecintaan terhadap Kabupaten Samosir. Dan mempertahankan serta meningkatkan citra masyarakat Samosir yang terkenal dengan keragaman kreasi budayanya,” tutup Bupati Vandiko.

Sementara Kadis Kopnakerperindag Samosir Rista Sitanggang, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produk-produk souvenir di Kabupaten Samosir.

Kemudian untuk menumbuhkan ide, minat dan motivasi bisnis bagi para pelaku UMKM. Sehingga mereka mampu melihat peluang bisnis dan pangsa pasar. Serta meningkatkan kesadaran para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terkait pentingnya legalitas atau perizinan berusaha.

Ada pun peserta kegiatan adalah 28 orang yang merupakan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Terlaksana selama 4 hari (7-12 Juni 2022). Kegiatan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment