Reka Ulang Bus Pariwisata Maut Baturiti Bali, Sopir Langsung Ditahan

bus pariwisata

topmetro.news – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bali bersama Polres Tabanan melakukan reka ulang adegan kecelakaan bus pariwisata di Baturiti, Tabanan, Bali. Kecelakaan maut yang disebabkan oleh bus pariwisata di Jalan Denpasar – Singaraja ini terjadi pada Sabtu, 18 Juni 2022.

Setelah dilakukan reka ulang adegan di TKP, sopir bus berinisial A dengan nomor kendaraan B 7134 WGA itu selanjutnya ditahan polisi.

“Sopir bus diamankan di Polres Tabanan,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Bali Rahmawati Ismail pada Minggu, 19 Juni 2022.

Ramai diberitakan bahwa penyebab kecelakaan yang menewaskan seorang pejalan kaki ini adalah kondisi rem blong pada bus. Namun penyebab pasti enggan disebutkan Rahmawati.

“Tadi sudah reka ulang di TKP tapi belum dapat dipastikan, rem blong sampai saat ini masih dugaan,” sambungnya.
Hingga saat ini kepolisian masih mengumpulkan data. Selain reka ulang adegan, proses interogasi juga telah dilakukan terhadap sopir bus dan kernet atau kondektur bus.

Rahmawati mengaku polisi tengah mengumpulkan seluruh bukti sebelum menyimpulkan dugaan rem blong. Ia menuturkan kecelakaan beruntun ini berawal dari bus pariwisata yang ditumpangi pelajar SMP Lab School Unesa 2 Surabaya saat melakukan studiy tour.

“Awalnya mereka dari Bedugul mengarah ke Denpasar dan mengangkut anak SMP,” jelas Rahmawati.

Bus kehilangan keseimbangan di jalan dengan kondisi berkelok dan curam tepatnya di KM 48,9 Banjar Dinas Pacung, Desa Baturiti. Kejadian berlangsung sekitar pukul 11.15 WITA. Bus menabrak delapan mobil dan dua sepeda motor dengan total kerugian material kurang lebih Rp100 juta.

Adapun dari kecelakaan tersebut, seorang warga berinisial W (30) tewas dan delapan orang luka-luka. Pihak kepolisian menyebut lima korban telah dirawat secara intensif di RS Siloam dan tiga lainnya sudah dipulangkan.

sumber | viva.co.id

Related posts

Leave a Comment