Pemkab Asahan Gelar Ujian Dinas Tingkat I dan II

Pemkab Asahan Gelar Ujian Dinas Tingkat I dan II

topmetro.news – Pemkab Asahan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyelenggarakan ujian Dinas tingkat I dan II bagi Aparatur Sipil Negera (ASN) di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (21/6/2022).

Turut hadir Sekda Drs H John Hardi Nasution MSi, Kepala Kantor Regional VI BKN Medan diwakili Kabid Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Renyasari SH, Asesor SDM Aparatur Ahli Pertama Marwan Harahap, Analis Kerja Candra Braniko Simbolon, Prnata Komputer Muda Widi Lesmana SKom, Kepala BKD Nazaruddin SH dan peserta.

Nazaruddin mengatakan dasar penyelenggaraan PP No 11 tahun 20017 tentang manajemen PNS, keputusan Kepala BKN No 12 tahun 2002 tentang PP No 99 tahun 2000 tentang kenaikan pangkat PNS sebagaimana di ubah dengan PP No 12 tahun 2022 dan keputusan Bupati Asahan No 16-BKD tahun 2021 tentang perubahan atas keputusan No 168-BKD tahun 2019 tentang pembentukan pelaksana ujian dinas tingkat I dan II.

Nazaruddin menjelaskan kegiatan bertujuan untuk memotivasi PNS dalam meningkatkan kompetensi dan prestasi kerja serta penghargaan juga pengabdian PNS kepada negara. Untuk memenuhi salah satu kenaikan pangkat bagi PNS yang memiliki pangkat golongan pengatur TK I (II/d) juga pangkat golongan penata TK I (III/d).

Ujian tahun ini mempergunakan Sistem CBT (Computer Baset Test). Sehingga semua soal dari Kantor  Regional VI BKN Medan. Peserta ujian tingkat I dan II sebanyak 58 orang (37 TK I (II/d) dan 21 TK I (III/d).

Naik Pangkat

Sekda mengatakan ujian dinas tingkat I untuk memfasilitasi PNS yang berpangkat pengatur tingkat I golongan II/d. Juga memenuhi syarat yang telah di tentukan (sekurang-kurangnya 2 tahun dalam pangakt II/d dan syarat syarat lainnya). Untuk dapat di naikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi pada penata muda golongan III/a.

Ujian dinas tingkat II untuk memfasilitasi PNS yang berpangkat III/d dan menduduki jabatan struktural eselon III. Untuk dapat menaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi pada pangakat pembina golongan IV/a.

Ujian dinas diharuskan memakai CBT (Computer Baset Test) yang tujuannya untuk menghasilkan PNS yang betul betul akuntabel dan profesional. Peseta harus lebih hati hati dan juga serius dalam mengisi soal.

Penulis : En

Related posts

Leave a Comment