2 Terdakwa Sindikat Pengiriman TKI Ilegal ke Malaysia Lewat ‘Pelabuhan Tikus’ Dibui 4 Tahun

Dua terdakwa disebut-sebut masuk dalam sindikat pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal ke Malaysia, Anggi Pratiara Br Surbakti alias Bunda dan Suprapti alias Prapti akhirnya dibui masing-masing 4 tahun.

topmetro.news – Dua terdakwa disebut-sebut masuk dalam sindikat pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal ke Malaysia, Anggi Pratiara Br Surbakti alias Bunda dan Suprapti alias Prapti akhirnya dibui masing-masing 4 tahun.

Selain itu kedua terdakwa yang dihadirkan lewat persidangan virtual, Selasa (21/6/2022), di Cakra 5 PN Medan juga dihukum dengan pidana denda Rp1 miliar. Subsidair (bila denda tidak terbayar maka ganti dengan pidana) 3 bulan kurungan.

Dari fakta-fakta hukum terungkap di persidangan, majelis hakim dengan ketua Lucas Sahabat Duha menyatakan sependapat dengan dengan JPU. Kedua terdakwa menurut keyakinan hakim, terbukti bersalah melakukan tindak pidana Pasal 81 jo. Pasal 69 UU No. 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana,

Yakni melakukan, menyuruh dan atau turut serta tanpa hak, melaksanakan penempatan pekerjaan migran Indonesia, sebagaimana dakwaan kesatu penuntut umum.

“Hal yang memberatkan, terdakwa menjadi bagian kerusakan jasa pengiriman TKI ke luar negeri. Keadaan yang meringankan, para terdakwa sopan selama persidangan. Mengakui dan menyesali perbuatannya,” urai Lucas.

Kedua terdakwa maupun penuntut umum, lanjutnya, sama-sama memiliki hak selama 7 hari untuk menentukan sikap. Apakah menerima atau banding atas vonis majelis hakim tersebut.

Lebih Ringan

Vonis majelis hakim lebih ringan 1 tahun dari tuntutan JPU. Pada persidangan lalu baik Anggi Pratiara Br Surbakti maupun Suprapti alias Prapti masing-masing menghadapi tuntutan 5 tahun penjara. Serta denda Rp1 miliar subsidair 6 bulan.

Yuliati Ningsih dalam dakwaan menguraikan, Tim Polda Sumut mengembangkan pengusutan atas laporan masyarakat mengenai kegiatan terdakwa Anggi Pratiara Br Surbakti alias Bunda mencaloi pengiriman TKI secara ilegal ke negeri jiran, Malaysia sejak tahun 2000.

Awal November 2021 kedua terdakwa merekrut 5 calon pekerja migran Indonesia. Yaitu saksi Sariani, saksi Lisma Rumondang Hutasoit, saksi Siti Khodijah, Fransiska, dan Herni Anastasia Sitorus.

Setiap merekrut calon pekerja migran tersebut, Anggi Pratiara Br Surbakti memberikan uang tinggal kepada keluarga calon TKI. Masing-masing sebesar Rp1 juta.

Para korban sindikat pengiriman tenaga kerja ilegal tersebut tinggal dipenampungan sementara pada kos-kosan terdakwa di Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan. Sekaligus mempersiapkan paspor keberangkatan para pekerja migran yang pengurusannya langsung oleh kedua terdakwa.

Mereka juga dapat arahan untuk mengakui, akan melancong/berwisata bila ada petugas keimigrasian di Gerai Eazy Paspor di Jalan Karya Wisata Medan yang bertanya. Bukan mau bekerja di Malaysia.

Terdakwa Suprapti alias Prapti yang antar jemput para calon migran pakai mobil Avanza silvernya ketika pengurusan paspor.

Dengan mobil tersebut, April 2021, kedua terdakwa juga yang mengantarkan para calon migran ke Kota Dumai, Provinsi Riau. Di sana Ashari Setiawan alias Adi alias Ari (belum tertangkap) sudah standby untuk mengantarkan para korban ke Malaysia. Mereka berangkat menggunakan kapal boat, melalui ‘pelabuhan tikus’.

Warga Malaysia

Bila tidak keburu tertangkap tim dari Polda Sumut, jaringan kedua terdakwa bernama Cici alias Sabrina yang beralamat di Jalan Sri Sedeli 7, Sri Andalas Klang Selangor, Malaysia sudah siap menampung kedatangan kelima calon migran.

Terdakwa Bunda menjanjikan pekerjaan kepada calon migran Indonesia adalah sebagai pembantu rumah tangga. Juga cleaning service. Gajinya sebesar RM1.200 (Ringgit Malaysia) atau sekitar Rp3.800.000. Gaji mereka juga akan ada potongan selama 3 bulan oleh Cici Alias Sabrina yang berkewarganegaraan Malaysia tersebut.

Terdakwa Anggi Pratiara Br Surbakti secara bertahap akan mendapatkan keuntungan sebesar RM4.000 atau sekitar Rp12 juta dari Cici alias Sabrina per 1 calon pekerja migran Indonesia. Pengiriman dengan cara transfer melalui rekening bank terdakwa Suprapti alias Prapti. Kedua terdakwa kemudian membagi keuntungan tersebut.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment