Wabup Asahan Ikuti Peringatan HANI Secara Virtual

Wabup Asahan Ikuti Peringatan HANI Secara Virtual

topmetro.news – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin S.Sos MSi bersama Forkopimda, Kepala BNNK Asahan AKBP Budi Bakhtiar, Asisten II Drs Muhilli Lubis dan OPD mengikuti peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) secara virtual dari Nusa Dua Convention Center Badung-Bali di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Senin (27/6/2022).

Kepala BNN Dr Petrus Reinhard Golose menyampaikan setiap tanggal 26 Juni diperingati sebagai HANI. Tahun ini mengambil tema “kerja cepat, kerja hebat berantas narkoba menuju Indonesia bersih narkoba (bersinar).

Peringatan HANI bertujuan untuk memperkuat aksi dan juga kerja sama secara global dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba.

Lebih lanjut, Petrus mengatakan penanggulangan narkoba harus dilakukan secara holistik. Baik dengan hard power melalui pemberantasan dan soft power melalui pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan juga rehabilitasi serta smart power melalui pengembangan IT.

Lawan Narkoba

Dengan tagline war on drugs, Petrus menegaskan perang melawan narkoba masih dalam bingkai human right dan sesuai koridor penegakan hukum yang profesional dan proporsional.

Dalam rangka perang melawan narkoba, arah kebijakan yang diambil adalah Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang profesional. Peningkatan lembaga rehabilitasi, pemberdayaan ketahanan masyarakat terhadap kejahatan narkotika dan peningkatan sinergitas dengan pemangku kepentingan di level nasional, regional dan internasional.

Presiden RI Ir H Joko Widodo dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat menjadikan HANI tahun ini untuk meneguhkan komitmen, menguatkan tekat dan kerja sama melakukan upaya upaya yang tak pernah surut membebaskan anak bangsa dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Jokowi menyampaikan dalam amanatnya BNN terus melakukan upaya penguatan, pencegahan dan pemberantasan narkoba. Dengan menutup semua celah yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan dan juga peredaran gelap narkoba.

Presiden meminta aparat BNN harus bekerja jujur dan juga akuntabel. Ia tidak mentoleransi aparat BNN yang menyalahgunakan kewenangannya.

“Saya tidak akan mentoleransi, tidak mentolerir aparat BNN yang menyalahgunakan kewenangannya,” ujarnya.

Wakil Bupati Asahan menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan peringatan HANI yang di prakarsai BNNK Asahan. Ini menunjukkan komitmen seluruh stakeholder dalam memberantas kejahatan narkotika khususnya di Asahan.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk melindungi dan memberi pengertian kepada generasi muda tentang bahaya penyalahgunaan narkotika,” kata Wabup.

“Berilah penjelasan yang baik, tekun dan sabar melalui komunikasi dan sosialisasi yang efektif sejak dini. Guna mewujudkan Asahan bebas narkotika,” lanjut Wabup.

 

 

penulis: En

Related posts

Leave a Comment