Peringati Bulan Bung Karno, Kader PDIP Bersama Ketua DPC PBL Batubara Santuni 6 Keluarga Nelayan yang Ditahan di Thailand

Ketua DPC Pejuang Bravo Lima (PBL) Batubara, Sumut Vicktor OS SH menghadiri Peringatan Bulan Bung Karno tahun 2022, di Pantai Kuala Indah, Desa Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Sabtu (25/6/2022) kemarin.

topmetro.news – Ketua DPC Pejuang Bravo Lima (PBL) Batubara, Sumut Vicktor OS SH menghadiri Peringatan Bulan Bung Karno tahun 2022, di Pantai Kuala Indah, Desa Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Sabtu (25/6/2022) kemarin.

Yang menggelar kegiatan adalah DPC PDI Perjuangan Batubara. Sementara Viktor sendiri hadir bersama beberapa pengurus DPC Pejuang Bravo Lima Batubara yang lain.

Di sela-sela kegiatan itu, Vicktor OS SH memberikan santunan berupa uang tunai kepada enam orang istri maupun keluarga nelayan Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, yang hingga kini masih menjalani penahanan di Thailand.

Menurut Viktor, penahanan oleh pihak keamanan Thailand, karena keenam nelayan Batubara itu menangkap ikan masuk sampai ke wilayah perairan negara tersebut.

Lebih lanjut Viktor mengatakan, sebelumnya Bupati Batubara Ir H Zahir MAP selaku Ketua PDIP Batubara melalui Drs Swarsono dan pengurus PDIP lain ada menyerahkan bantuan berupa beras.

Ia juga merespon keluhan para istri dan keluarga nelayan yang memohon agar Pemkab Batubara dapat membantu mengembalikan suami mereka. “Bupati Batubara pasti sedang berusaha dengan maksimal untuk bisa mengembalikan para nelayan kekeluarga mereka ke Batubara. Doakan saja semoga usaha pengembalian ini berjalan baik,” ucapnya.

“Seperti yang disampaikan Drs Swarsono Ketua Fraksi PDIP anggota DPRD Batubara, akan bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Batubara, agar secepatnya bisa memulangkan para nelayan semua. Jadi kehadiran DPC Pejuang Bravo Lima dalam Peringatan Bulan Bung Karno kali ini, merupakan salah satu bentuk sinergi antara DPC PBL Batubara dengan DPC PDIP Batubara,” imbuh Vicktor.

Bulan Bung Karno

Sementara itu Ir H Zahir MAP melalui Drs Swarsono menjelaskan, bahwa Bulan Juni bagi kader PDIP adalah Bulan Bung Karno. “Karena Bulan Juni merupakan hari lahirnya Bung Karno, wafatnya Bung Karno. Dan hari lahirnya Pancasila,” katanya.

Ia melanjutkan, tema peringatan kali ini adalah ‘Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia’. Berlangsung serentak di seluruh indonesia, di setiap kabupaten/kota.

“Hari ini juga kita adakan acara Festival Bung Karno yang diikuti oleh seluruh kader PDIP. Mulai dari ranting, PAC dan DPC PDIP Kabupaten Batubara. Tujuannya untuk mensolidkan seluruh kader PDIP dalam rangka memenangkan Pemilu 2024 mendatang,” kata Suwarsono.

“Ketua PDIP Batubara Ir H Zahir MAP Bupati Batubara sendiri tidak bisa hadir karena Beliau sedang menunaikan ibadah haji,” ungkapnya.

Selanjutnya salah seorang tokoh masyarakat nelayan, Sawaluddin Pane, mengucapakan terima kasih kepada anggota DPRD Batubara dari PDIP. Juga kepada seluruh pengurus DPC PDIP Batubara beserta DPC Pejuang Bravo Lima Batubara. Karena telah berkenan hadir dan memperhatikan nasib warga nelayan dengan cara memberikan bantuan dan santunan.

Turut hadir Ketua DPRD Batubara M Safii SH, Bendahara DPC PDIP Batubara Jalasmar Sitinjak, Dian Suharsono (Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD Batubara). Kemudian Irawansyah (Bendahara DPC Pejuang Bravo Lima Batubara) yang juga merupakan kader DPC PDIP Batubara.

Peringatan Bulan Bung Karno Tahun 2022 berakhir dengan acara makan bersama bermenukan kuliner ikan bakar sambal kecap.

reporter | Bimais Pasaribu

Related posts

Leave a Comment