Olahraga Terlalu Berat Picu Gairah Seks Menurun

Gairah seks menurun

TOPMETRO.NEWS – Gairah seks menurun, mungkin salah satu penyebabnya lantaran kamu berolahraga dalam ritme waktu yang berlebihan. Kebiasaan olahraga terlalu berat dan lama berpotensi menurunkan gairah seks di ranjang.

Setidaknya ini sudah dibuktikan oleh studi University of North Carolina, Amerika Serikat.

Melansir dari HuffPost hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Medicine and Science in Sport and Exercise tahun 2007. Disebutkan, olahraga yang terlalu berat dan sering, terbukti bisa menurunkan libido lelaki.

Dalam penelitian ini, dilihat tiga komponen, yaitu jenis olahraga, durasi dan seberapa sering berolahraga.

Hasilnya, lelaki yang berolahraga intensitas rendah, seperti bersepeda atau berjalan kaki, cenderung memiliki gairah seks lebih tinggi daripada pria yang olahraga intensitas tinggi.

Sedangkan bila dilihat dari durasi olahraganya, semakin lama kita berolahraga, libido justru menurun hingga 4 kali lebih cepat.

Artinya, lelaki yang terlalu aktif berolahraga cenderung memiliki libido rendah. Duh!

Menurut Anthony Hockey, dosen fisiologi olahraga dan nutrisi di University of North Carolina, hal ini mungkin berkaitan dengan penurunan hormon testosteron yang sering terjadi setelah olahraga.

Diketahui, olahraga intens memicu hipogonadisme pada kaum lelaki, yaitu kondisi ketika testis sangat sedikit atau bahkan sama sekali tidak menghasilkan hormon seks testosteron.

Terus-menerus latihan ketahanan atau olahraga terlalu berat, membuat hormon testosteron yang dihasilkan semakin menurun atau bahkan tidak dihasilkan sama sekali. Akibatnya, gairah di ranjang pun semakin berkurang.

Tak Cuma Laki-laki

Apakah hanya lelaki yang mengalami hal ini?

Ternyata tidak. Perempuan pun berisiko mengalami ketidakseimbangan hormon saat berolahraga terlalu berat.

Selain menyebabkan siklus menstruasi jadi tidak teratur, ketidakseimbangan hormon ini juga bisa memicu penurunan gairah seks.

Duh, ternyata bahaya, ya? Jadi, mulai sekarang, aturlah olahraga Anda dengan baik. Jika tujuan Anda berolahraga untuk menurunkan berat badan, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

Makan Bawang Putih

Namun, makan bawang putih, sadar atau tidak, ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya untuk menambah keharmonisan rumah tangga. Ya, bawang ternyata mampu meningkatkan gairah seksual pria sekaligus untuk kesuburan kaum adam. Tak percaya, kamu bisa mencobanya.

reporter | jeremitaran
sumber\foto | KAIROS

Related posts

Leave a Comment