Sikap Tanggap Bupati Perlu Diapresiasi, Satpol PP Harus Jadi Motor Peningkatan PAD

Sikap Tanggap Bupati Perlu Diapresiasi, Satpol PP Harus Jadi Motor Peningkatan PAD

topmetro.news – Sikap tanggap Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Jakfar Sukhairi Nasution perlu diapresiasi karena sudah cepat melakukan tindakan terukur dan agresif untuk memacu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menjalankan tugas dan tufoksinya.

Sebagaimana dengan adanya sorotan publik yang menyatakan bahwa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Madina yang diduga ‘mandul’ karena kurang efektif melaksanakan tugasnya dalam menjalan fungsi sebagai penegak peraturan Daerah (Perda), peraturan Kepala Daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman serta menyelenggarakan pelindungan masyarakat sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2018.

Pantauan media, selain membasmi penyakit masyarakat (Pekat). Tugas Satpol PP dalam penegakan perda juga masih perlu di evaluasi. Sebab, selain banyaknya bidang perizininan yang belum tersentuh seperti IMB, izin galian C dan lain sebagainya dalam peningkatan PAD.

Satpol PP juga harus mampu memberikan kenyamanan bagi masyarakat dengan melakukan penertiban pedagang kaki lima yang membuat pengendara menjadi terganggu di pasar lama Panyabungan, sehingga tercipta tata kota Panyabungan yang baik dan teratur.

Menanggapi hal ini, Bupati Madina H. Muhammad Ja’far Sukhairi Nasution melalukan apel pagi di halaman kantor Satpol PP. Tepatnya di jalan Willem Iskandar Kelurahan Dalan Lidang, Senin (04/07/2022).

Dalam apel pagi tersebut Bupati menegaskan, khusus untuk Satpol PP ini bertujuan untuk mengingatkan kembali tugas pokok dan fungsi Satpol PP di Kabupaten Madina. Di antaranya dalam penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati.

“Saya melihat belakangan ini banyak sorotan publik tentang kinerja Satpol PP terkait lambannya dalam menjalankan tugas. Satpol PP harus menjadi garda terdepan dalam pengamanan di pemerintahan serta menjadi motor dalam pendongkrak pendapatan asli daerah (PAD),” ujarnya

Sukhairi juga menambahkan, sorotan publik kepada Satpol PP ini harus jadi motivasi untuk peningkatan kinerja. Sebab, kritikan publik yang menyebutkan kinerja Satpol PP “Mandul” ini merupakan sebuah kritikan yang membangun. Agar kinerja Satpol PP semakin baik dan meningkat.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment