Lantik 344 Kepsek SMA Sederajat, Gubsu Evaluasi 6 Bulan Sekali

Lantik 344 Kepsek SMA Sederajat, Gubsu Akan Evaluasi 6 Bulan Sekali

topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik 344 kepala sekolah SMA, SMK dan SLB se-Sumut. Pada kesempatan tersebut, Edy menyampaikan akan mengevaluasi kinerja para kepala sekolah setiap enam bulan sekali.

“Saya sudah perintahkan ada perjanjian setiap enam bulan kalian saya evaluasi. Tak cocok anda jadi kepala sekolah saya ganti, saya butuh kualitas, karena masa depan Sumut ini tergantung sekali dengan anak anak didik anda, ” kata Edy Rahmayadi kepada para kepala sekolah di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman 41, Medan, Selasa (5/7/2022)

Gubernur juga mengatakan, kepala sekolah merupakan cerminan sekolah. Jadi kepala sekolah harus memberi teladan yang baik kepada anak didik dan tenaga pengajarnya.

“Murid ini perlu motivasi untuk belajar, contoh teladan itu kepala sekolah, pakaian dan sikapnya, itu kepala sekolah, jadi kalau saya mau lihat sekolahannya saya cukup lihat kepala sekolah, ” kata Edy.

Sebelum menjabat, katanya lagi,  kepala sekolah akan disekolahkan atau mendapat penataran terlebih dahulu. Tidak seperti masa lalu, kepala sekolah menjabat baru disekolahkan.

“Masa lalu, orang itu jadi kepala sekolah dulu baru disekolahkan. Sekarang tes, selesai sekolah, baru ditempatkan jadi kepala sekolah. Karena kalau dia dijadikan kepala sekolah baru disekolahkan,” kata Gubernur Sumut, usai pelantikan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumut Lasro Marbun  mengatakan, nantinya para kepala sekolah akan menjabarkan apa yang akan diperbuat.

“Kepala sekolah ini nanti mengisi kertas kosong, mereka akan menulis apa yang akan mereka perbuat, itu nanti kita akan uji, ” kata Lasro.

Pelantikan hari ini merupakan pelantikan tahap pertama. Selanjutnya masih akan ada kepala sekolah yang di lantik.

“Nanti akan kita inventarisasi, kita petakan yang mau jadi guru penggerak, kemudian kita assesmen kan lagi, baru kita pilih dari situ, ” kata Lasro.

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment