Tewas, Eks PM Jepang Shinzo Abe Ditembak saat Kampanye

Ditembak saat kampanye

TOPMETRO.NEWS – Ditembak saat kampanye hingga meregang nyawa. Begitulah nasib mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (67) yang dilaporkan meninggal dunia usai ditembus sebutir timah panas saat berkampanye untuk pemilihan parlemen.

Sebagaimana dilaporkan Antara, berdasarkan lembaga penyiaran publik Jepang NHK, Jumat (8/7/2022), seorang pria menembak pemimpin terlama di Jepang itu dari belakang dengan senjata buatan sendiri saat Abe berpidato.

Abe yang tertembak di bagian dada pun langsung dilarikan ke rumah sakit.

Namun, setelah kritis selama beberapa jam, korban dilaporkan menghembuskan nafas terakhirnya.

Insiden penembakan terhadap Abe merupakan pembunuhan pertama pada seorang pejabat sejak zaman militerisme sebelum perang di tahun 1930-an.

Berbicara sebelum pengumuman meninggalnya Abe, Perdana Menteri Fumio Kishida sangat mengutuk insiden ini.

BACA PULA | Gedung Diamuk ‘Sijago Merah’, Puluhan Orang Tewas

Sebagaimana dilaporkan topmetro.news sebelumnya, sedikitnya 27 orang diduga tewas akibat kebakaran di salah satu gedung di distrik komersial di Kota Osaka, Jepang, pada hari ini, Jumat (17/12/2021) silam.

Seorang pejabat departemen pemadam kebakaran Osaka mengatakan kepada AFP bahwa secara keseluruhan, ada 28 orang menjadi korban dalam kebakaran ini. Dari keseluruhan korban itu, 27 di antaranya dugaannya meninggal dunia.

Pejabat itu mengatakan bahwa kebakaran ini pertama kali terdeteksi pukul 10.18 waktu setempat di lantai empat gedung itu. Petugas pun langsung datang ke lokasi.

sumber\foto | riausky\antara
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment