Kapolda Sumut Hadiri Upacara Penutupan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Siswa Diktukba Polri Gel I Tahun 2022

Kapolda sumut

topmetro.news – Kapolda Sumut Irjen Pol.Drs.RZ Panca Putra Simanjuntak MSi hadiri Upacara Penutupan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Siswa Diktukba Polri Gel.I Tahun 2022 bertempat di Lapangan Satya Haprabu SPN Hinai Polda Sumut Desa Sukajadi Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, Jumat (08/7/2022) sekira pukul 09.30 WIB.

Informasi yang disampaikan Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK melalui Kasi Humas AKP Joko Sumpeno menjabarkan bahwa Kapolda Sumut beserta Ibu tiba di SPN Polda Sumut Hinai dengan menggunakan Helikopter dan mendarat di titik koordinat 3°47’45″N 98°26’32″E tepatnya di Desa Suka Jadi Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat.

Kapolda Sumut dan rombongan kemudian disambut oleh Ka.SPN Polda Sumut Kombes Mahedi Surindra SH SIK selanjutnya menuju ruangan Ka.SPN Polda Sumut.

Dalam upacara tersebut Kapolda Sumut Irjen Pol.Drs.RZ Panca Putra Simanjuntak MSi bertindak sebagai Inspektur Upacara dan AKBP Junaidi SH sebagai Komandan Upacara.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut yakni PJU Polda Sumut, Ka.SPN Hinai Polda Sumut, Kapolres sejajaran Polda Sumut, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK, Plt.Bupati Langkat H.Syah Afandin SH, Danyon Marinir 08 Tangkahanlagan Pangkalan Berandan diwakili oleh Pasi Ops Mayor Mar.Wachid Purwadi, newakili Dandim 0203/Langkat Danramil 09 Hinai, Ibu Ketua Bhayangkari SPN Hinai Polda Sumut, Forkopimda Kabupaten Langkat, para Siswa Diktukba Polri Gel.I TA 2022 berjumlah 361 orang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda, para orang tua/keluarga Bintara Polri yang dilantik serta tamu dan undangan lainnya.

Setelah melaksanakan berbagai proses kegiatan selanjutnya dilakukan penanggalan tanda pangkat siswa, penyematan tanda pangkat efektif, pemberian penghargaan dan penyerahan ijazah perwakilan.

Kemudian, selaku Inspektur Upacara, Kapolda Sumut menyematkan tanda pangkat efektif, memberikan penghargaan dan menyerahkan ijazah kepada perwakilan siswa yakni Siswa Tanggap :

Nama : Yuda Agusti Bahri
Nosis : 2210030241/Ton2/IB, anak dari Saiun Bahri dan Tri Jupiati, pengiriman dari Polres Simalungun.

Siswa Tanggon :
Nama : M.Erlangga Satria Lubis.
Nosis : 2210030280/Ton1/2B. Anak dari AKBP Reza Pahlevi Lubis dan Elli Sriwahyuni Harahap pengiriman dari Polrestabes Medan.

Siswa Tringginas :
Nama : Daniel Frayzer Marbun.
Nosis : 2210030293/Ton2/2B, anak dari Lirman Marbun dan Artinamana pengiriman dari Polres Tapanuli Utara.

Kemudian pengambilan sumpah Bintara Polri serta dilanjutkan penandatanganan berita acara sumpah oleh Bintara Polri yang baru dilantik dan Inspektur Upacara, serta diikuti pengucapan Catur Prasetya oleh Bintara yang baru dilantik.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh orang tua siswa khususnya Ka.SPN Hinai dan jajarannya atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Kapolda Sumut juga menyampaikan permintaan maaf atas tertundanya pelaksanaan Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gel.I Tahun 2022.

Selanjutnya Kapolda Sumut membacakan amanat dari Kapolri.

“Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas karunia yang telah diberikan hingga kita bisa mengikuti kegiatan ini. Dengan berakhirnya Pendidikan Bintara Polri ini maka telah dihasilkan personil Polri. Maka dengan selesainya pendidikan ini, maka bertambahlah jumlah personil Polri kita. Mudah-mudahan kedepan Polri dapat menjalankan tugasnya lebih baik lagi dalam melayani masyarakat dan menciptakan situasi kamtibmas,” ujarnya.

Kapolda melanjutkan bahwa dalam diri para Bintara yang baru dilantik sudah ada kewajiban tugas sebagai Bhayangkara untuk melayani masyarakat, amanah ini harus diingat dan dipedomani.

“Setelah ini para Bintara Polri yang baru dilantik akan ditempatkan diseluruh penjuru Negara Republik Indonesia. Terimakasih kepada dukungan dan do’a dari para orang tua Bintara Polri yang baru dilantik, sehingga mereka dapat menjalani pendidikan hingga dilantik saat ini,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Kapolda, Polri dituntut untuk beradaptasi, belajar dan terus belajar untuk menghadapi era saat ini.

“Polri harus mampu mempersiapkan SDM-nya sebagai alat utama yang unggul serta Presisi. Kita baru saja memperingati hari Bhayangkara ke-76, dalam peringatan yang dipimpin oleh Presiden RI, Presiden menaruh harapan besar kepada Polri dalam melayani masyarakat dan membela bangsa ini. Polri harus terus berinovasi serta harus lebih pintar dari para pelaku kejahatan,” papar Kapolda diantara sebahagian amanat Kapolri yang disampaikan.

Upacara selesai dan dilanjutkan dengan peragaan oleh Bintara Polri yang baru dilantik.

Sekira pukul 11.45 WIB Giat Upacara Penutupan Siswa Diktuk Bintara Polri Gel.I TA 2022 SPN Hinai Polda Sumut selesai dilaksanakan dengan pengamanan oleh personil Polres Langkat secara  terbuka maupun tertutup dan situasi aman serta terkendali.

Reporter I Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment