Jakarta Terendam Banjir, Ketinggian Air 2 Meter

Jakarta Terendam Banjir

TOPMETRO.NEWS – Jakarta terendam banjir akibat intensitas hujan yang tinggi. Akibatnya, 92 RT di kawasan DKI Jakarta terendam banjir pada Sabtu (16/7/2022). Ketinggiannya mencapai lebih dari 40 sentimeter bahkan ada yang mencapai dua meter. Duh!

Muhammad Insyaf, Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta mengatakan jumlah RT yang terdampak banjir terus bertambah. Jumlah rumah warga yang terendam banjir awalnya 71 RT pada pukul 06.00 WIB.

Namun, jumlah terus bertambah hingga 92 RT pada pukul 09.00 WIB.

“Sebelumnya 71 RT saat ini (09.00 WIB) menjadi 92 RT atau 0,302 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta, dengan ketinggian lebih dari 40 cm,” kata dia lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (16/7/2022).

Data BPBD DKI Jakarta menyebut, banjir yang merendam 92 RT tersebar di sejumlah wilayah DKI Jakarta.

Rinciannya yakni di Jakarta Selatan terdapat 26 RT yang tersebar di 8 kelurahan. Ketinggian air antara 50 sentimeter hingga 125 sentimeter.

Kemudian di Jakarta Timur terdapat 48 RT yang tersebar di 5 kelurahan dengan ketinggian air 40 sentimeter hingga 200 sentimeter. Banjir setinggi dua meter itu dilaporkan terjadi di salah satu RT di kawasan Kelurahan Cawang.

Lalu di Jakarta Barat terdapat 18 RT di 6 kelurahan dengan ketinggian air antara 40 sentimeter hingga 100 sentimeter.

Atas situasi ini, Insyaf menyebut sudah ada penanganan dari pihak terkait untuk menyurutkan banjir.

“Genangan ditargetkan akan surut dalam waktu cepat,” ujarnya.

BACA PULA | Sinergi Normalisasi Sungai Atasi Banjir di Sergai

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya upaya Pemkab Sergai mengatasi masalah banjir terus berlanjut.

Usaha ini melibatkan berbagai pihak. Salah satunya perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Sergai yang tergabung dalam Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP).

Hal ini terlihat ketika Bupati Sergai H Darma Wijaya hadir dalam kegiatan ‘ground breaking’ normalisasi Sungai Belutu, di Kampung Manggis Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin, Sabtu (9/4/2022).

Bupati Sergai mengatakan, pihaknya menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ini mengingat urgensinya yang sangat tinggi bagi masyarakat.

reporter | jeremitaran
sumber\foto | suara\sindonews

Related posts

Leave a Comment