Darwis ‘Comeback’, Terima SK Jadi Ketua DPD Partai NasDem Batubara

Ibarat Batang Terendam, itulah salah satu filosofi dari Negeri Melayu untuk mengindiomkan sesuatu yang berharga namun cukup lama tidak terlihat ke permukaan. Dan setelah ditemukan ternyata masih memiliki nilai estetik serta materil yang cukup tinggi.
Advertisement

topmetro.news – ‘Ibarat Batang Terendam’, itulah salah satu filosofi dari Negeri Melayu untuk mengindiomkan sesuatu yang berharga namun cukup lama tidak terlihat ke permukaan. Dan setelah ditemukan ternyata masih memiliki nilai estetik serta materil yang cukup tinggi.

Demikian halnya dengan sosok Drs H Darwis MSi, yang pernah jadi runner-up pada PilKada Batubara 2019. Kemudian juga pernah menjadi caleg tingkat DPRD provinsi di Pemilu tahun yang sama.

Secara mengejutkan, di awal tahun politik menyongsong Pesta Demokrasi 2024, Darwis pun ‘comeback’. Muncul kembali dengan tampilan, waktu, dan ruang yang berbeda. Sebagai mantan pejabat pada eselon II di Pemkab Batubara, pria asli kelahiran ‘Bumi Bertuah’ ini pun hadir ke ranah publik. Kini sebagai Ketua DPD Partai Nasional Demokrasi (NasDem) Batubara.

Selasa (19/7/2022), sekira pukul 14.00 WIB, Darwis beserta rombongan, terdiri dari Bendahara DPD Partai NasDem yang juga Ketua Fraksi NasDem DPRD Batubara H Abdul Azis, Wakil Ketua Bidang Bapilu Drs Syahrizal Manurung dan Wakil Ketua Bidang Hukum Ramadhan Zuhri SH, tampak menyambangi Gedung KPU Batubara.

Kedatangan mereka untuk menyerahkan SK (surat keputusan) susunan kepengurusan baru DPD Partai NasDem Batubara. SK itu langsung dari DPP Partai NasDem dengan tanda tangan Ketua Umum Surya Paloh beserta Sekjen Jhonny G Plate.

Sebelumnya rombongan lebih dulu mendatangi Kantor Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Batubara. Maksud dan tujuannya sama, yaitu menyerahkan SK Kepengurusan Baru DPD Partai NasDem Batubara.

Darwis menjelaskan, selain menyerahkan SK, pihaknya juga sengaja melakukan silaturahmi dan beraudensi dengan pihak Komisioner KPU. Mereka pun diterima langsung Ketua KPU Batubara M Amin Lubis bersama Erwin SSos (Komisioner Bidang Teknis), Sekretaris KPU Abas Sitorus, Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik, serta Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat.

Apresiasi NasDem Batubara

Dalam kesempatan tersebut M Amin Lubis sangat mengapresiasi kunjungan DPD Partai NasDem tersebut. Menurut Amin, langkah DPD Partai NasDem Batubara itu cukup baik, yakni menyampaikan klarifikasi di awal.

Sebab berdasarkan pengalaman, kebanyakan pengurus parpol melakukannya di saat ‘injure time’ atau di ujung-ujung tahapan pemilu. Di mana hal itu jelas akan sangat menyulitkan. Sebab akan mempersingkat waktu perbaikan. Sehingga akan merepotkan partai itu sendiri dalam melengkapi segala kekurangan berkas persyaratan sebagaimana aturan PKPU.

“Kalau bisa seperti ini. Pengurus partai di kabupaten jangan lagi menunggu masa ‘injure time’. Teruslah berkoordinasi dan tetap menjaga komunikasi dengan KPU di waktu-waktu awal. Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan untuk melengkapi kekurangan berkas dalam proses verikfikasi. Dan poin pentingnya adalah jangan sampai terjadi ‘missed’ komunikasi antara KPU dengan parpol sebagai stakeholder,” harap M Amin Lubis.

Sementara itu usai bertemu dengan Komisioner KPU Batubara, melalui media ini, Darwis menegaskan bahwa start awal yang akan ia lakukan adalah melaksnakan konsolidasi maupun koordinasi secara intens di internal partai. “Pertama tugas kami adalah membenahi Partai NasDem. Kalau terkait pemilu mendatang, jelaslah kami punya target. Minimal di tiap dapil nantinya NasDem akan mampu mendapat kursi DPRD Batubara,” ujarnya.

“Karena di Pemilu tahun 2019 lalu, NasDem sendiri berhasil mendapat 3 kursi di DPRD dengan total perolehan suara 19.818. Bukan hendak berandai-andai. Tapi DPD Partai Nadem Batubara akan siap bekerja lebih keras agar setidaknya bisa dapat 7 kursi atau minimal 5 kursi atas dukungan dari segenap Rakyat Batubara. Tujuannya agar dalam Pilkada Batubara mendatang, Partai NasDem sendiri bisa mengusung calon bupati. Dan pastilah tetap akan berkoalisi dengan partai lain,” tutup Darwis.

reporter | Bima Pasaribu SH

 6,823 total views,  131 views today

Advertisement

Related posts

Leave a Comment