Kembali Kunjungi Samosir, Menteri Sandiaga Uno Dorong Ekonomi Kreatif dan Kampanye Sadar Wisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno terus mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dan dunia usaha lokal di sektor pariwisata.

topmetro.news – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno terus mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dan dunia usaha lokal di sektor pariwisata. Hal ini ia tegaskan saat meninjau Pelatihan Ekonomi Kreatif (Ekraft) di Pantai Indah Situngkir, Rabu (20/7/2022).

Ia juga menjelaskan, pelatihan itu merupakan kerjasama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan Pemkab Samosir. Serta menggandeng komunitas yang ada di Samosir untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat di Desa Situngkir. Dengan tujuan, memanfaatkan bahan-bahan dan limbah menjadi barang seni yang memiliki nilai ekonomi dan membantu perokonomian masyarakat.

Di tempat yang sama, Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyampaikan terima kasih atas dukungan Kemenparekraf dalam memajukan pariwisata di Samosir. Dengan kegiatan itu, bupati berharap akan mendorong masyarakat Desa Situngkir untuk menghasilkan kerajinan lokal yang memiliki nilai jual. Sehingga membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sehari hari.

Selepas meninjau pelatihan di Pantai Indah Situngkir, rombongan Menteri Sandiaga Uno bersama Bupati Samosir melanjutkan acara Kampanye Sadar Wisata (KSW) di Desa Ambarita.

Dalam ‘closing’ Program KSW, Menteri Sandiaga Uno menjelaskan bahwa program tersebut bertujuan untuk menyentuh 65 desa wisata yang ada di seluruh Indonesia. Di mana Desa Ambarita menjadi salah satu desa yang terpilih untuk menjadi desa sadar wisata.

Sandiaga menjelaskan, sosialisasi sadar wisata ini menggunakan tiga modul. Yaitu Sapta Pesona, Layanan Prima, dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability).

Selain untuk membantu meningkatkan mata pencaharian masyarakat dan terbukanya peluang usaha baru di sektor pariwisata, sosialisasi ini juga hendaknya dapat memberikan pemahaman sadar wisata. Serta meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan. Di mana Desa Ambarita merupakan salah satu pintu gerbang menuju Pulau Samosir.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment