Aula Galeri UMKM Taput Menjadi Ajang Pameran Karya Designer Lokal

Galeri UMKM Tapanuli Utara di Jalan Sisingamangaraja Tarutung menjadi ajang pameran gaun karya designer (perancang model) lokal.

topmetro.news – Galeri UMKM Tapanuli Utara di Jalan Sisingamangaraja Tarutung menjadi ajang pameran gaun karya designer (perancang model) lokal. Di mana penampakannya tidak kalah dengan designer terkemuka nasional.

Kepada topmetro.news, Selasa (2/8/2022), Satika Simamora sebagai Ketua Dekranasda Taput dan pembina UMKM di daerah pengrajin Ulos itu menyebutkan, Gedung Galeri UMKM tersebut diharapkan menjadi lokasi pemasaran yang layak dikunjungi oleh masyarakat. Juga oleh perusahaan yang bergerak di bidang modiste.

Sejumlah perancang model yang menjadi binaan Dekranasda Taput bergabung dalam UMKM untuk bersama-sama memasarkan produknya.

Dikatakan, gaun yang ada pada pameran itu, saat ini, turut serta dalam festival yang berlangsung di tingkat provinsi. Serta memperoleh penghargaan pula.

“Hal ini berarti, karya perancang model kita yang tergabung dalam Desingner Fasion Taput kita pastikan berkualitas. Dan ke depan harapannya, banyak yang menggunakan bahan kain motif Ulos,” sebut ibu yang peduli upaya peningkatan ekonomi lemah ini.

Sekaitan dengan prospek pemasaran, UMKM Taput sudah membangun jaringan dengan perusahaan boutique (sejenis) yang lebih besar. Baik di tingkat provinsi dan pusat.

“Saya berharap generasi muda yang berbakat seni dapat belajar menjadi designer dengan spesifikasi khusus. Misalnya dengan menggunakan bahan motif Ulos,” sebut Ny Nikson Nababan ini.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment